fbpx
11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro
11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro

11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa iPhone 13 Pro mereka menjadi panas saat digunakan atau saat mengisi daya baterai. IPhone 13 Pro menjadi panas adalah masalah serius, kemungkinan besar merupakan tanda kesalahan perangkat lunak atau perangkat keras. Dalam posting ini, kita akan melihat alasan paling umum mengapa iPhone 13 Pro Anda terlalu panas dan menjelaskan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Apple iPhone 13 Pro adalah tambahan yang bagus untuk katalog lengkap model iPhone Apple. Sementara iPhone baru hadir dengan banyak tambahan yang menghadap ke depan, mereka datang dengan masalah mereka sendiri. Misalnya, Anda mungkin mengalami masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda. Jika Anda menghadapi masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda, lihat panduan di bawah ini.

Kemungkinan alasan iPhone 13 Pro Anda terlalu panas

Jika iPhone 13 Pro Anda sering terasa panas dan kinerjanya lambat, berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkannya:

  • Streaming untuk waktu yang lama. Ini berarti iPhone Anda harus memuat konten Anda dan menjaga tampilan tetap berfungsi. Ini memaksa iPhone Anda bekerja lebih keras yang akibatnya menghasilkan lebih banyak panas.
  • Permainan. Video game yang menghabiskan banyak sumber daya dengan grafis kelas atas dapat menyebabkan iPhone Anda menjadi panas.
  • Anda mungkin melihat iPhone Anda menjadi hangat saat Anda mengunduh sejumlah besar aplikasi secara bersamaan saat Anda menggunakan perangkat Anda.
  • IPhone Anda mungkin menjadi hangat saat Anda mengisi daya baterai.

Gunakan Tips Bagus Ini untuk Memperbaiki masalah overheating iPhone 13 Pro

Untuk memperbaiki masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda, ikuti tips di bawah ini:

1. Periksa Penyebab Eksternal

Faktor paling umum yang menambah panas iPhone 13 Pro Anda adalah lingkungan dan kondisi fisik. Yang ini mungkin tampak jelas, tetapi alasan utama iPhone 13 Pro Anda mungkin terlalu panas adalah karena suhu lingkungan. iPhone dijadwalkan untuk digunakan dalam 32ยบ F hingga 95ยบ F (0ยบ C dan 35ยบ C). Jadi di bulan-bulan yang lebih hangat, jika ponsel Anda berada di bawah sinar matahari langsung, itu bisa menyebabkannya menjadi terlalu panas. Atau jika dipasang ke ventilasi pemanas di mobil Anda di musim dingin, itu juga bisa menyebabkannya memanas.

Tergantung pada jenis kasing yang Anda miliki di iPhone, kasing dapat memerangkap panas. Ini dapat mencegah iPhone Anda mendapatkan ventilasi yang tepat yang dibutuhkan untuk tetap dingin.

Ikuti tips di bawah ini tentang cara menghindari dan mengurangi faktor panas eksternal:

  • Hindari meninggalkan iPhone Anda di mobil Anda pada hari musim panas. Suhu di dalam mobil yang diparkir bisa sangat panas.
  • Hindari meninggalkan iPhone Anda di atas barang-barang hangat atau panas seperti radiator.
  • Hindari bermain game saat mengisi daya iPhone Anda (lebih dari itu, game yang intensif grafis) atau streaming.
  • Hindari meninggalkan iPhone Anda di bawah sinar matahari langsung.
  • Pastikan Anda menggunakan kabel dan adaptor USB asli saat mengisi daya. Jika itu adalah pengisi daya atau kabel pihak ketiga, pastikan itu bersertifikat Apple.
  • Jika iPhone 13 Anda kepanasan saat Anda mengisi dayanya, mungkin ada masalah dengan kabel pengisi daya. Coba tukar dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.
  • Jika iPhone 13 Pro Anda sudah panas, lepaskan casing ponsel untuk mendinginkannya.
๐Ÿ‘‰ TRENDING  Cara Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat secara Bersamaan?

Ini harus dapat menyelesaikan masalah umum dalam aspek fisik perangkat. Namun jika Anda masih mengalami panas berlebih di iPhone 13 Pro setelah langkah-langkah ini, jangan khawatir, masih ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Sekarang mari kita lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Turunkan kecerahan.

Kecerahan dapat dikontrol melalui Pusat Kontrol di iPhone menggunakan sakelar kecerahan atau melalui bagian Tampilan & Kecerahan pada aplikasi Pengaturan. Sebaiknya aktifkan pengaturan kecerahan otomatis untuk memastikan layar Anda tidak terlalu terang di ruangan yang lebih gelap secara default, tetapi beberapa penyesuaian manual mungkin diperlukan di ruangan yang lebih terang dan di bawah sinar matahari. Luncurkan Pusat Kontrol dan seret penggeser Kecerahan ke bawah.

3. Gunakan Wi-Fi bila memungkinkan

Menggunakan Wi-Fi membutuhkan lebih sedikit daya jika dibandingkan dengan menggunakan data seluler. Tetap menyalakan Wi-Fi setiap saat akan membantu mencegah iPhone 13 Pro dari panas berlebih.

4. Pantau Aplikasi Anda.

Jika Anda baru menyadari iPhone 13 Pro Anda terlalu panas, pikirkan kembali aplikasi baru yang mungkin baru saja Anda instal. Aplikasi yang tidak dipasang dengan benar dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas, serta aplikasi yang terus-menerus mogok. Bahkan aplikasi yang menggantung atau terhenti di latar belakang dapat menyebabkan iPhone Anda menjadi terlalu panas, dan Anda mungkin tidak menyadarinya karena itu bukan sesuatu yang sedang Anda gunakan secara aktif.

Anda dapat memeriksa untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan sebagian besar baterai Anda, yang akan membantu Anda menentukan apakah ada aplikasi (atau aplikasi) yang menyebabkan iPhone 13 Pro Anda terlalu panas. Buka Pengaturan > Baterai dan periksa penggunaan baterai terperinci dari setiap aplikasi.

Setelah Anda mengetahui aplikasi mana yang menggunakan banyak daya baterai, langkah pemecahan masalah pertama adalah mencoba menghentikannya secara paksa. Ponsel Anda bekerja lembur saat Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan (termasuk membuka tab browser web), jadi biasakan menutup aplikasi yang tidak digunakan secara berkala. Juga, tutup aplikasi (terutama aplikasi dengan grafis berat seperti game) saat Anda mengisi daya ponsel. Untuk melakukan ini, geser ke atas dari bawah lalu tahan jari Anda di tengah layar. Saat Anda melihat semua aplikasi yang terbuka seperti kartu, temukan aplikasi yang ingin Anda tutup dan geser ke atas.

๐Ÿ‘‰ TRENDING  Cara Mudah Membuat Laporan Posisi Keuangan yang Baik untuk Perusahaan

Selanjutnya, perbarui aplikasi Anda karena mungkin ada bug yang bermasalah di pembaruan lama yang, setelah diperbaiki, akan membuat iPhone Anda berjalan dengan lancar. Anda dapat memperbarui aplikasi dengan membuka App Store , lalu menavigasi ke Hari Ini > Profil Anda > Perbarui Semua .

apakah masalah Anda baru saja dimulai? Anda mungkin ingin menghapus aplikasi apa pun yang Anda unduh sesaat sebelum iPhone 13 Pro Anda mulai aktif. Selain itu, hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan.

5. Perbarui iOS Anda Ke Versi Terbaru.

Sementara aplikasi individual dapat menjadi penyebab iPhone 13 Pro Anda terlalu panas, begitu juga iOS yang sebenarnya. Dari waktu ke waktu, akan ada bug di perangkat lunak iOS yang menyebabkan iPhone 13 Pro Anda menjadi terlalu panas. Untuk mengesampingkan hal itu, Anda harus selalu memastikan iPhone Anda menjalankan perangkat lunak iOS terbaru yang tersedia. Anda dapat memperbarui iOS dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak . Jika pembaruan tersedia, ketuk unduh dan instal .

6. Mulai ulang iPhone/Restart

Mungkin ada sesuatu yang berjalan di latar belakang yang menyebabkan iPhone 13 Pro Anda terlalu panas. Jika ada sesuatu yang terus berjalan di latar belakang, perbaikan tercepat dan termudah adalah mematikan iPhone Anda selama 30 detik dan kemudian menyalakannya kembali. Anda dapat melakukannya dengan menavigasi ke Settings > General > Shut Down .

7. Paksa Mulai Ulang/Restart

Perangkat apa pun yang telah menyala selama berhari-hari cenderung terlalu panas, termasuk iPhone 13 Pro Anda. Memulai ulang perangkat secara paksa dapat menghapus kesalahan dan memperbaiki masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda. Jika Anda tidak terbiasa: tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat, tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat , tekan dan tahan tombol Daya/Samping hingga logo Apple muncul di layar.

8. Nonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro
11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro

Semakin banyak tugas yang dilakukan prosesor, semakin banyak panas yang dihasilkannya. Untuk meringankan prosesor tugas dan dengan demikian untuk mendinginkannya, Anda perlu menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang lalu ketuk Mati .

9. Matikan Layanan Lokasi

11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro
11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro

Ini adalah fitur lain yang menyebabkan iPhone 13 Pro menjadi terlalu panas. Jika layanan lokasi dihidupkan, iPhone Anda akan secara konsisten memperbarui lokasi iPhone, sehingga menghasilkan banyak panas. Untuk memperbaikinya, masuk ke Settings > Privacy > Layanan Lokasi dan kemudian beralih itu Off .

๐Ÿ‘‰ TRENDING  Cara Menghasilkan Uang Dari Ponsel Anda

10. Atur Ulang Semua Pengaturan

11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro
11 Tips Cara Memperbaiki Overheating/Panas Berlebihan pada iPhone 13 Pro

Tip lain untuk membantu memperbaiki masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda adalah mengatur ulang semua pengaturan. Ada kemungkinan bahwa masalahnya terletak pada pengaturan yang tidak Anda kenal dan karenanya, masuk akal untuk mengatur ulang semuanya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang , lalu ketuk Atur Ulang Semua Pengaturan .

11. Pulihkan iPhone sebagai Baru

Jika tidak ada yang berhasil dan masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro terus berlanjut, Anda dapat menyetel ulang perangkat dengan keras untuk menghapus potensi kesalahan yang mungkin terjadi karena file yang rusak. Setelah Anda mengatur ulang iPhone Anda, semua data dan pengaturan Anda akan dihapus dan perangkat Anda akan menjadi seperti baru. Namun, pastikan untuk membuat cadangan data Anda sebelum melanjutkan dengan langkah ini. Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Itu cukup banyak, orang-orang. Kiat-kiat ini akan memperbaiki masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda.

Setelah mencoba semua opsi pemecahan masalah perangkat lunak di atas, jika iPhone 13 Pro Anda masih terlalu panas โ€” memberi Anda kinerja yang lamban dan menguras baterai โ€” maka perangkat Anda mungkin mengalami masalah perangkat keras.

Cara terbaik untuk menentukan apakah itu masalahnya, dan untuk memperbaikinya, adalah membuat janji temu dengan Genius Bar di toko Apple lokal Anda dan minta mereka memeriksa telepon Anda.

Jika metode di atas tidak membantu dalam memecahkan masalah overheating pada iPhone 13 Pro Anda, satu-satunya taruhan Anda adalah menunggu pembaruan iOS baru dari Apple yang diharapkan dapat memperbaiki masalah apa pun yang Anda alami.

Pernahkah Anda menghadapi masalah panas berlebih pada iPhone 13 Pro Anda? Jika demikian, apakah tips di atas membantu dalam memecahkan masalah untuk Anda? Berikan komentar dan beri tahu kami!