fbpx
IOS dan Android - Sistem Operasi Mana yang Lebih Bagus?
IOS dan Android - Sistem Operasi Mana yang Lebih Bagus?

IOS dan Android – Sistem Operasi Mana yang Lebih Bagus?

Apa itu smartphone? Smartphone adalah definisi dari telepon genggam atau telepon seluler pintar yang memiliki saluran jarak jauh seperti komputer dan memiliki kemampuan yang tinggi. Ada orang yang menyiapkan ponsel pintar dengan fitur-fitur canggih seperti email internet pembaca buku dan lain-lain. Singkatnya smartphone adalah komputer kecil dengan kemampuan ponsel.

Pengertian Smartphone Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti Smartphone, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi smartphone menurut para ahli:

1. David Wood
Menurut David Wood, smartphone adalah handphone cerdas yang memiliki kelebihan dibanding alat telekomunikasi lainnya. Kelebihannya terlihat dari proses pembuatannya dan proses penggunaannya.

2. Williams dan Sawyer
Menurut Williams dan Sawyer definisi smartphone adalah telepon selular yang memakai beberapa layanan seperti layar, mikroprosesor, memori, dan modem bawaan. Dengan begitu, smartphone memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding handphone biasa.

3. Ridi Ferdiana
Menurut Ridi Ferdiana pengertian smartphone adalah perangkan telepon seluler yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Dengan begitu, selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis oleh pengusaha dan masyarakat umum.

Kita ulas terlebih dahulu untuk Iphone

1. Keamanan

“Mac tidak terkena virus,” adalah kiasan umum yang disebut-sebut ketika Apple pertama kali memperkenalkan komputer terkemuka mereka – dan pernyataan ini meluas ke iPhone. https://www,digitaltrends,com/computing/does-your-mac-need-antivirus/
Aplikasi iPhone hanya dapat diinstal dari Apple App Store, memberikan tingkat kontrol atas malware yang masuk. Keterbatasan ini, tampaknya bekerja secara efektif, karena persentase malware seluler yang jauh lebih tinggi menargetkan Android daripada iOS; satu studi menemukan bahwa 97% dari semua malware yang ditulis pada tahun 2015 ditujukan untuk Android, dan studi lain memperkirakan bahwa hanya 0,7% dari ancaman virus yang ditujukan untuk iOS. https://us,norton,com/internetsecurity-mobile-android-vs-ios-which-is-more-secure.html
Jadi, untuk menjawab apakah iOS atau Android, ketika memilih ponsel yang tepat untuk Anda, tampaknya iOS adalah pilihan yang lebih aman.

👉 TRENDING  Lengkap Harga dan Spesifikasi Acer Nitro 5 Tahun 2022

2. Kecepatan

Terlepas dari kontroversi seputar iPhone yang melambat setelah sekian tahun. Mimin akan memakai produk keluaran tahun-tahun lalu saja ya sebagai perbandingan, agar lebih terlihat siapa yang cekatannya nih hehe. Mimin ambil produk iPhone X saja deh, menggunakan chip Bionic A11, memberikan kecepatan dan kekuatan yang tak tertandingi untuk perangkat iOS. Chip ini menghasilkan peningkatan kecepatan 25% jika dibandingkan dengan pendahulunya.
Misalnya, di mana Samsung Galaxy S9 membutuhkan dua menit dan 32 detik untuk mentranskode video 4K dua menit, iPhone X hanya membutuhkan 42 detik untuk menyelesaikan tugas ini. Ponsel 11 Pro dan 11 Pro Max Apple sekarang menyertakan chip A13 Bionic, yang merupakan chip perusahaan yang paling hemat daya.
Jadi, selain kecepatan, ponsel ini juga memiliki daya tahan baterai 4-5 jam ekstra dan peningkatan kinerja 20%. Tidak heran jika kemudian para gamer juga menghargai perbedaan kecepatan yang tajam antara iPhone dan Android, karena iPhone memfasilitasi pengalaman yang lebih mulus saat memainkan game augmented-reality (dan intensif lainnya).

3. Pembaruan

Telah terbukti IOS memiliki dukungan yang lebih baik untuk model ponsel lama daripada Android. Misalnya, iOS 11 – yang dirilis pada akhir 2017 – diinstal pada 66% perangkat yang kompatibel dalam waktu enam minggu, dan memiliki dukungan penuh untuk iPhone 5S (ponsel berusia empat tahun). Sebaliknya, Oreo Android (dirilis sekitar waktu yang sama) hanya berhasil masuk ke 0,2% perangkat Android lebih dari delapan minggu setelah dirilis, dan Android 7 hanya berjalan di 18% ponsel setelah satu tahun penuh.
Di mana Android sangat tertinggal dalam memberikan penggunanya versi terbaik dari ponsel mereka, iOS adalah yang terdepan. Pada Desember 2019, diperkirakan 50% dari semua ponsel iOS menjalankan versi terbaru, angka yang akan lebih rendah untuk Android. Tidak termasuk Android 10, hanya sekitar 10% perangkat Android yang menjalankan versi sebelumnya, Android 9.0 Pie.

👉 TRENDING  17 Laptop Terbaik Untuk Anak-Anak Tahun 2022

Dan untuk Android

1. Variasi dan kompatibilitas

Platform Android adalah sistem sumber terbuka (open source), yang berarti Anda dapat memiliki akses ke aplikasi apa pun yang Anda inginkan, terlepas dari pembuatnya – lebih dari satu juta lebih dari yang disediakan iOS.
Selain itu, operator telepon mana pun dapat membuat perangkat untuk Android, dan pengguna dapat mengunduh sistem Android apa pun yang tersedia. Sebaliknya, seperti yang disebutkan di atas, iOS bersifat eksklusif; perangkat Anda hanya akan kompatibel dengan produk Apple lainnya, Anda hanya dapat memecahkan masalah teknis di Apple Store, dan aplikasi Anda yang tersedia terbatas pada apa pun yang diputuskan Apple untuk Anda miliki.

2. Harga

Saat mempertimbangkan iOS atau Android, keduanya memiliki apa yang ditawarkan dalam hal kualitas, tetapi Android memberikan kualitas dengan biaya lebih rendah.
Untuk pengembang, menerbitkan aplikasi dalam jumlah tak terbatas melalui pasar Android terjangkau dengan $25 – di mana iOS berharga $99 untuk hal yang sama – dan ada persentase aplikasi gratis yang lebih tinggi di Google Play Store daripada di App Store iOS.
Ini, dikombinasikan dengan fakta bahwa Android menyediakan handset berkualitas rendah yang ratusan dolar lebih murah daripada model iPhone yang lebih baru, membuat pilihan menjadi sederhana. Buktinya ada pada angka: Android menguasai hampir 72% pangsa pasar di seluruh dunia.

3. Pengalaman pengguna

Android adalah masa depan, memegang kendali dalam hal antarmuka suara dan AI. Google Assistant (GA) jauh melampaui Siri sebagai asisten virtual, dengan respons yang lebih akurat terhadap pertanyaan dan layanan yang dibuat khusus; misalnya, GA dapat membaca teks pada gambar dan mengubahnya menjadi pembaruan kalender, catatan, dll. yang bermakna. Sementara Siri masih mencoba mengumpulkan jawaban atas pertanyaan dasar.
Belum lagi, Android keluar dengan ponsel yang melayani konsumen individu dan berbagai industri, yang menampilkan baterai yang dapat dilepas dan walkie-talkie. Fokus perusahaan pada beragam kebutuhan pengguna menawarkan lebih banyak variasi dan fungsi.
Intinya: Kombinasi perangkat keras/lunak yang erat dari iOS jelas memberi pengguna perangkat seluler berkualitas, sementara kompatibilitas keseluruhan Android membuatnya lebih murah dan lebih mudah disesuaikan. Jadi, iOS atau Android? Jenis ponsel apa yang akan Anda beli selanjutnya?

👉 TRENDING  Lengkap Harga dan Spesifikasi ASUS ZenBook 14 Tahun 2022

Daftar Isi