?> Mudah, Cara Update Data NIK dan KK (Kartu Keluarga) Secara Online | Livoop
Mudah, Cara Update Data NIK dan KK (Kartu Keluarga) Secara Online
Mudah, Cara Update Data NIK dan KK (Kartu Keluarga) Secara Online

Mudah, Cara Update Data NIK dan KK (Kartu Keluarga) Secara Online

KTP KK adalah dua dokumen penting yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa warga perlu mengubah data KK atau KTP. Misalnya, kelahiran anggota baru, status perkawinan, kematian anggota keluarga, dll. Bagaimana cara memperbarui NIK KK secara online? Simak ulasannya di bawah ini.

Seperti diketahui, KK merupakan dokumen dasar dalam pengurusan KTP pengabdian masyarakat lainnya. KK memiliki Nomor Penduduk Umum (NIK). NIK adalah kumpulan angka unik yang melekat pada setiap warga negara Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia yang terdaftar akan memiliki NIK berlaku seumur hidup. Fungsi NIK adalah untuk mengurus administrasi, seperti melamar pekerjaan, mendaftar di sekolah, dll.

Anda biasanya dapat melihat nomor NIK dari KK atau KTP Anda. Warga negara Indonesia wajib memperbaharui dokumen KK mereka setiap kali terjadi perubahan.

Nah, selama setahun terakhir, Disdukcapil Kabupaten/Kota telah memberikan layanan administrasi online untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Jika dulu update KK Anda harus datang langsung ke kantor, kini bisa dilakukan secara online.

Cara memperbarui NIK KK secara online

Secara umum, ada beberapa hal yang memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk melakukan pengkinian data, khususnya:

  1. Ada penambahan anggota keluarga baru lahir atau hanya tinggal
  2. Ada pengurangan anggota keluarga karena kematian

Untuk memberikan pelayanan masyarakat terbaik di kabupaten/kota di Indonesia, setiap Disdukcapil menyediakan layanan online. Dengan cara ini, Anda dapat memperbarui data Anda dengan lebih mudah tanpa harus mendaftar.

Berikut adalah panduannya.

  1. Akses situs dukcapil online di setiap kabupaten/kota
  2. Atau hubungi Hotline Dukcapil Home Office di 1500-537.
  3. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Anda dapat menghubungi WA Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri di nomor berikut:
    • 0811-1902-4156:
    • 0811-1902-4157:
    • 0811-1902-4158:
  4. Kemudian kirim pesan / percakapan dengan format berikut.
    • #Aku:
    • # Nama lengkap:
    • #Family_Card_Number:
    • # Nomor ponsel
    • #Surel
    • #masalah:
  5. Berikut ini adalah contoh ukuran chat untuk update NIK KK online Anda.
  6. Kemudian lampirkan bukti foto KK old lama

Layanan online hanya buka pada hari kerja: 08.00-12.00. Jika menelpon di luar jam layanan, admin akan menjawab chat keesokan harinya pada jam kerja.

Perhatikan bahwa nomor di atas hanya dapat melayani warga melalui chat, tidak menerima panggilan. Jadi sebelum Anda mengirimkannya, pastikan ukuran percakapan sudah benar. Dukcapil akan menindaklanjuti pertanyaan warga dengan mengirimkan laporan melalui SMS/WA chat.

Setelah mengajukan pembaruan online NIK KK, Anda harus memeriksa apakah ada perubahan. Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah informasi dalam KK telah berubah.

1. Cek melalui website resmi Dukcapil

Ikuti panduan ini.

  • Kunjungi situs resmi dukcapil di sini
  • Masukkan NIK e KTP pada kolom yang tertera
  • Setelah NIK Anda terdaftar, informasi pribadi lengkap Anda akan ditampilkan

2. Melalui Facebook

Silakan kunjungi alamat akun Halo Dukcapil Anda, lalu tulis masalah Anda berdasarkan ukuran. Namun, karena media sosial sangat umum, Anda perlu memanfaatkannya kurir tanya admin dukapil.

Berikut cara update NIK KK online yang bisa kamu coba di rumah menggunakan smartphone. Pastikan untuk mengunjungi website resmi dukcapil di kabupaten/kota Anda untuk informasi lebih lanjut. Saya harap ini bermanfaat.