fbpx
8 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Meski Gaji Kecil
8 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Meski Gaji Kecil

8 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Meski Gaji Kecil

Impian kita memiliki rumah sendiri, yang biasanya dimiliki oleh semua orang. Atau, pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melakukannya. Apalagi jika gaji yang diterima hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, yakni gaji kecil.

Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata orang. Sesuatu: Cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu memudahkan jalannya.

1. Mengikuti program KPR dari bank

Akan sulit bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang cenderung rata-rata jika ingin membeli rumah dengan uang tunai. Meski bisa dikembangkan, namun tentunya akan memakan waktu yang lama. Nah, jika Anda berada dalam situasi seperti ini, Anda bisa mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Peluang pinjaman ini dapat membantu Anda mendapatkan rumah yang Anda butuhkan.

2. Sisihkan 30% dari gaji Anda untuk membayar uang muka

Saat Anda mengikuti program KPR, pada prinsipnya pihak bank membayar penuh pembelian rumah yang Anda inginkan. Kemudian tanggung jawab pembayaran akan ditransfer ke bank, itu akan dilakukan di bagian.

Meski begitu, Anda tetap akan dikenakan uang muka, yaitu sekitar 20-30% dari harga rumah. Nah, untuk bisa membayar DP, kamu bisa mulai menyisihkan 30% dari gaji bulanan kamu.

3. Menggunakan akun Autodebit

Menabung bisa sangat sulit dengan upah rendah. Hanya ada pertimbangan yang membuat keinginan untuk menabung, biasanya di tengah jalan. Tetapi jika Anda ingin memiliki rumah sendiri, maka Anda harus maju sedikit.

Nah, jika Anda merasa kesulitan untuk menyimpan uang sendiri, coba gunakan rekening debet otomatis. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir menyisihkan gaji Anda ke rekening tabungan untuk uang muka.

4. Investasi

Cobalah berinvestasi untuk mendukung rencana pembelian rumah impian Anda. Investasi emas atau reksa dana bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua jenis investasi ini memiliki risiko yang rendah, sehingga aman untuk dicoba. Jadikan investasi ini sebagai dana darurat yang bisa digunakan saat kondisi mendesak dan tabungan belum mencukupi.

👉 TRENDING  Saat Penghasilan Anda Turun, Begini Cara Bangkitnya Kembali

5. Tanpa hutang

Anda hanya perlu lebih membedakan dengan bantuan yang Anda berikan kepada orang lain. Bersiaplah saat Anda terbebas dari utang agar gaji kecil yang Anda terima dapat memenuhi kebutuhan lainnya.

6. Pertimbangkan rumah bersubsidi

Memilih rumah untuk pemilik gaji kecil tidak boleh asal-asalan. Meski menghindari harga tinggi, lokasi rumah tetap harus diperhitungkan. Nah, solusinya, Anda bisa memikirkan untuk membeli rumah subsidi dari pemerintah. Apartemen bersubsidi biasanya terletak di lokasi yang strategis tentunya harganya jauh lebih murah.

7. Jangan boros

Jika di masa lalu Anda bisa membelanjakan gaji Anda untuk hal-hal yang kurang penting, sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi. Buatlah anggaran yang jelas agar gaji Anda terdistribusi dengan benar. Anda juga dapat melakukan top up tabungan untuk DP secara berkala.

8. Tetap disiplin dan konsisten

Disiplin retrospektif. Dua kata ini patut dijadikan senjata terakhir, jika ingin mewujudkan impian, untuk bisa memiliki rumah idaman.

Keputusan yang masuk akal harus dibuat agar impian memiliki rumah menjadi kenyataan. Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk segera mewujudkan impian Anda. Semoga beruntung!