fbpx
Tips Jitu Bagi Anda untuk Dapatkan Modal Usaha Bisnis
Tips Jitu Bagi Anda untuk Dapatkan Modal Usaha Bisnis

Tips Jitu Bagi Anda untuk Dapatkan Modal Usaha Bisnis

Apakah Anda ingin memulai bisnis tetapi tidak memiliki cukup modal? Tidak perlu khawatir dengan waktu, ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Berikut adalah 10 cara Anda bisa mendapatkan modal usaha.

Dapatkan pinjaman usaha dari bank

Bank merupakan salah satu alternatif yang sering dipilih masyarakat untuk memperoleh modal usaha. Ada dua jenis modal usaha yang ditawarkan oleh bank.

Pertama, pinjaman yang dapat digunakan kembali (KMG) adalah pinjaman yang mengharuskan nasabah untuk menjaminkan aset seperti rumah sepeda motor.

Kedua, pinjaman tanpa agunan (KTA) adalah pinjaman yang tidak mengharuskan nasabah untuk menjaminkan aset apapun. Namun, pinjaman KTA memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi.

Dapatkan modal usaha dari teman atau keluarga

Tentu saja, meminjam uang dari teman atau keluarga tidak sesulit meminjam uang dari bank. Jika Anda memiliki hubungan baik dengan teman atau keluarga, mereka bisa menjadi alternatif untuk meminjam uang.

Pastikan Anda melunasi pinjaman tepat waktu. Jangan biarkan persahabatan atau hubungan keluarga menghalangi karena Anda tidak bisa membayar hutang Anda.

Crowdfunding

Crowdfunding adalah platform penggalangan dana online yang biasanya dilakukan untuk proyek yang menguntungkan dan nirlaba. Anda bisa menggunakan platform ini untuk mendapatkan modal usaha.

Melalui platform crowdfunding Anda akan terhubung dengan orang-orang yang ingin berinvestasi dalam bisnis Anda. Mereka akan menerima hadiah berdasarkan transaksi yang dilakukan dari platform.

mencari mitra/partner bisnis

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencari mitra usaha. Lebih baik jika mitra bisnis Anda adalah seseorang yang sudah Anda kenal bisa menjadi teman atau saudara Anda.

Selain membantu Anda menambah modal usaha, rekan bisnis Anda juga bisa membantu Anda menjalankan bisnis sehingga bisa berbagi pekerjaan. Namun pastikan Anda mitra bisnis Anda memiliki visi misi yang tepat agar Anda nyaman bekerja sama.

👉 TRENDING  Cara membuat SIM A, SIM B, SIM C dan SIM C dan Biaya Pengurusannya

Dapatkan modal usaha dari konsumen

Apakah kamu tidak tahu? Padahal, Anda bisa mendapatkan modal usaha dari konsumen lho. Namun cara ini hanya bisa diterapkan untuk jenis model bisnis tertentu, seperti penjualan produk melalui sistem Pre-Oder.

Dengan PO, Anda dapat membayar di muka untuk memproses pesanan pelanggan. Namun kendala yang mungkin Anda temui adalah tidak mudahnya mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Jadi, Anda perlu membangun reputasi untuk layanan PO yang Anda berikan.

Bergabunglah dengan Program Dukungan UKM

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan mengikuti Program Pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai institusi. Banyak lembaga publik-swasta peduli dengan usaha kecil yang menawarkan pinjaman ekuitas bisnis.

Sebagian besar program tidak hanya mendistribusikan modal usaha tetapi juga memberikan pelatihan di awal bisnis kami sehingga kami dapat menerima dana yang berbeda untuk setiap langkah yang kami ambil.

Modal usaha dari Angel Investor

Angel investor adalah orang kaya yang berinvestasi dalam bisnis baru atau yang sedang berkembang. Dengan memberikan uang investasinya, imbalan yang diterima oleh angel investor biasanya berupa ekuitas.

Bagaimana Anda tertarik? Coba ikuti seminar yang mendatangkan angel investor, di mana Anda bisa mulai membangun jaringan berkesempatan mempresentasikan bisnis Anda.

Pastikan Anda membuat konsep bisnis yang menarik agar investor mau berinvestasi di bisnis Anda.

Jaminan aset

Jika tidak ingin menjual aset, Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan menggadaikan apa yang Anda miliki, misalnya peralatan elektronik, perhiasan pada senjata api bermotor.

Suku bunga KPR masih relatif rendah, sehingga tidak terbebani. Setelah Anda memiliki bisnis yang sukses, pastikan Anda dapat mengembalikan barang yang Anda janjikan saat kadaluarsa.

👉 TRENDING  4 Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Pembukuan

Penjualan aset

Cara termudah: cara tercepat untuk mendapatkan modal bisnis adalah dengan menjual aset Anda. Aset berharga seperti properti, perhiasan, elektronik kendaraan bermotor.

Sebelum menjual aset, Anda perlu memastikan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan akan bisa mendapatkan aset Anda kembali.

Tabungan:

Salah satu cara paling aman untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menabung setiap bulannya. Cobalah untuk menyisihkan 20% dari gaji Anda sebagai tabungan untuk memulai bisnis.