fbpx
Cara Jitu Untuk mengubah Data e-KTP atau Foto E-KTP
Cara Jitu Untuk mengubah Data e-KTP atau Foto E-KTP

Cara Jitu Untuk mengubah Data e-KTP atau Foto E-KTP

Jika Anda merasa dapat mengubah foto KTP Anda yang sekarang karena pencahayaan yang kurang bagus atau tidak terlihat glowing diwajah anda. Percayalah! Kebanyakan orang Indonesia juga merasakan hal ini.

Hal tersebut sudah menjadi dilema di masyarakat kita, khususnya pada generasi milenial dan generasi terakhir. Siapapun akan kecewa dengan kualitas selfie di KTP elektronik atau E-KTP.

Meskipun akan sangat jarang, atau mungkin tidak ada yang akan mengakui bahwa mereka akan mengubah kartu identitas hanya karena foto. Fungsi foto KTP, di sisi lain, dapat digunakan sebagai sarana administrasi penentuan nasib sendiri.

Sama pentingnya dengan informasi pribadi Anda yang tercantum di E-KTP. Jika ada kesalahan, misalnya data pribadi tidak cocok atau ada perubahan. Atau bahkan ID foto tidak mencerminkan Anda lebih seperti orang lain.

Anda dapat mengajukan permohonan untuk mengubah informasi pribadi atau foto Anda di E-KTP Anda. Jangan bingung, berikut cara dan tata cara ganti foto di KTP atau E-KTP .

Cara mengubah data e-KTP atau E-KTP foto

Perubahan informasi pribadi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti perubahan tempat tinggal, perubahan status perkawinan, atau penambahan gelar. Jika Anda tidak tahu cara mengubah data pribadi di E-KTP Anda, berikut cara dan prosedurnya.

1. Kelengkapan dokumen secara umum

Untuk mengganti e-KTP atau E-KTP Anda karena salah ketik, NIK, Nama atau Alamat, Anda harus menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. KTP lama yang akan Anda ganti
  2. Asli fotokopi kartu keluarga
  3. Hukum kelahiran
  4. Dokumen dari agen tenaga kerja
  5. Surat pendamping dari desa

2. Kelengkapan dokumen untuk perubahan status

  1. Sama seperti integritas dokumen nomor satu
  2. Surat nikah
  3. Atau dokumen perceraian
  4. Atau kasus kematian?
👉 TRENDING  Cara Terbaik Membeli Saham Luar Negeri dan Daftar Broker tahun 2022

3. Kelengkapan dokumen pindah tempat tinggal

  1. Sama seperti integritas dokumen nomor satu
  2. Surat Keterangan dari RT/RW Dari Kelurahan
  3. Surat keterangan pindah dari Dispendukcapil

Setelah Anda menyelesaikan semua dokumen, Anda dapat mulai dengan mengirimkan aplikasi untuk mengubah E-KTP Anda. Anda bisa mendapatkan surat ini dari halaman belakang atau dispenser rumah.

Anda kemudian dapat menyerahkan semua dokumen dan formulir yang telah diisi ke kelurahan atau dispendukcapil. Petugas akan mengecek dan mencatat data tersebut karena akan memberikan kwitansi pengambilan E-KTP.

Biasanya akan memakan waktu 14 hari untuk menyelesaikan semua proses. Dan Anda bisa mendapatkan E-KTP yang diperbarui. Catatan: karena waktu akan tergantung pada masing-masing daerah.

Bahkan, Anda tidak dapat mengubah foto E-KTP Anda jika hanya terlihat kurang indah. Agak kecewa sih, tapi asalkan foto seri E-KTP memenuhi syarat. Anda tidak dapat mengubahnya karena E-KTP sudah memiliki catatan biometrik.

Namun jika ingin mengganti KTP dengan foto, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Terjadi kesalahan saat mengambil foto
  2. Foto kurang jelas karena human error
  3. Status E-KTP buruk, jadi foto tidak jelas

Jadi jika Anda ingin mengubah foto E-KTP Anda, Anda harus memenuhi salah satu syarat ini.

Cara dan tata cara mengganti e-KTP atau foto E-KTP hampir sama saat Anda mengajukan permohonan pemutakhiran informasi pribadi. Namun, aplikasi ini untuk memperbarui E-KTP yang rusak.

Tidakkah sulit untuk mengubah atau memperbarui informasi pribadi E-KTP Anda? Jika masih ragu bisa langsung ke kantor Kelurahan/Desa untuk informasi lebih lanjut.

Daftar Isi