fbpx
Lengkap Spesifikasi & Harga Samsung A13 disebut HP 5G Termurah
Lengkap Spesifikasi & Harga Samsung A13 disebut HP 5G Termurah

Lengkap Spesifikasi & Harga Samsung A13 disebut HP 5G Termurah

Seperti namanya, Samsung A13 akan memiliki layanan jaringan 5G untuk mengupgrade produk terbaru Samsung, khususnya Galaxy A12 yang masih menggunakan jaringan LTE. Jaringan 5G sendiri merupakan layanan jaringan yang baru mulai beroperasi di Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Belum ada informasi resmi kapan produk tersebut akan dijual di Indonesia, namun beberapa pihak mulai memprediksi harga dan spesifikasinya. , Fitur Samsung A13 dan Keunggulan Lainnya di Internet

Spesifikasi teknis Samsung A13 lebih baik dari versi sebelumnya

Tidak banyak asumsi mengenai harga, spesifikasi, dan fitur Samsung A13 ini. Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata smartphone 5G Samsung. Berdasarkan rumor yang beredar di internet, Samsung A13 akan menggunakan sensor ISOCELL JN1 dengan resolusi 50 MP pada kamera utama. Sedangkan Samsung Galaxy versi sebelumnya seperti Galaxy A12 Galaxy A22 5G hanya beresolusi 48MP tidak menggunakan sensor ISOCELL JN1.

Sensor ISOCELL JN1 merupakan sensor kamera terbaru Samsung yang baru saja diperkenalkan pada Juni 2021. Sensor ini dirancang untuk smartphone berukuran sedang. Sebelumnya, pada Januari 2021, Samsung memperkenalkan sensor kamera 108 megapiksel bernama ISOCELL HM3, yang baru digunakan di Galaxy S21. Rumitnya penawaran menjadikan ponsel ini salah satu penawaran paling menarik dari HP.

Meskipun belum ada konfirmasi pasti kapan sensor baru dari Samsung ini akan tersedia di sejumlah smartphone komersial, diperkirakan sensor ini nantinya akan ada di Samsung A13. Hal ini dikarenakan adanya kabar bahwa kedua produk tersebut sedang dalam proses produksi. Bagaimana dengan perbedaan spesifikasi sensor ISOCELL JN1 dengan sensor Samsung sebelumnya ISOCELL HM3?

ISOCELL JN1

Sensor akan menyerap cahaya hingga 16%, membantu memberikan foto terbaik bahkan dalam cahaya yang sangat redup. Sensor ini memiliki format 1/2,76 inci, setiap piksel hanya 0,64 mikron, yang merupakan piksel terkecil yang pernah dibuat di dunia. ISOCELL JN1 kompatibel dengan produk 1 / 2,8 inci yang ada, memungkinkan sensor digunakan di depan kamera depan, ultra lebar atau telefoto, selain opsi layar lebar standar. Performa cahaya rendah didasarkan pada teknologi Tentrapixel itu sendiri, di mana setiap empat piksel jika digabungkan akan memiliki 1,28 mikron. Jika setiap piksel digabungkan, maka akan menghasilkan foto dengan resolusi 12,5 MP. Dilengkapi dengan teknologi terbaru Samsung seperti ISOCELL 2.0, Smart ISO Double Super PDAF yang merupakan teknologi autofocus yang dikenal mampu mengunci fokus lebih cepat. hanya dalam 0,3 detik, “ketika objek bergerak,” jauh, dekat “. Teknologi ini dirancang untuk memiliki kerapatan piksel dua kali lipat, yang dapat digunakan untuk deteksi fase, memungkinkan autofokus yang sama bekerja bahkan di lingkungan kurang cahaya 60%.

👉 TRENDING  Lengkap Harga dan Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY Tahun 2022

ISOCELL HM3:

Sensor HM3 dirancang untuk meningkatkan fokus otomatis untuk pemotretan dalam kondisi cahaya rendah. Setiap piksel berukuran 0,8 mikrometer, dan ukuran fisik total sensor ini adalah 1 / 1,33 inci. Menggunakan teknologi Smart ISO Pro, yang secara otomatis menangkap gambar pada level ISO tinggi dan rendah, kemudian menggabungkan hasil akhirnya dengan rentang dinamis yang lebih luas dengan noise minimal. Resolusi totalnya adalah 108 MPa menggunakan teknik “nona binning”, yang menggabungkan setiap 9 piksel menjadi satu, menghasilkan gambar dengan resolusi 12 MPa untuk memaksimalkan sensitivitas cahaya. 108 megapiksel pada resolusi penuh 108 megapiksel atau 90 megapiksel pada 12 megapiksel Kecepatan perekaman yang didukung adalah 8K 30 fps, 4K hingga 120 fps 1080p hingga 240 fps, didukung oleh output RAW8. (Kompresi DPCM / PCM), RAW 10 RAW12

Dengan teknologi tersebut, sensor ISOCELL JN1 Samsung akan mengusung sensor kamera 50MP terkecil di dunia saat ini. Menurut GSM Arena, Samsung A13 akan menggunakan baterai 5000 mAh, sehingga pengguna smartphone yang suka menonton video dan bermain game tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterai, yaitu 20% lebih lama dari baterai 4000 mAh.

Sedangkan untuk dapur pacu yang akan digunakan jika Samsung Galaxy A12 sebelumnya menggunakan dapur pacu Helio P35 dari MediaTek, diperkirakan Galaxy A13 5G mendatang juga akan menggunakan dapur pacu yang sama. Tapi seberapa bagus Helio P35 sebenarnya? Berikut beberapa spesifikasi dapur pacu Helio P35.

  • Ini memiliki kartu grafis built-in sehingga pengguna tidak perlu membeli kartu grafis terpisah
  • Mendukung hingga 64 bit, dapat mendukung lebih dari 4 GB RAM
  • Semikonduktor yang lebih kecil memberikan kinerja yang lebih baik konsumsi daya yang lebih rendah
  • Kecepatan jam GPU 650 MHz
  • Versi DirectX 10, di mana DirectX digunakan untuk game, dan versi terbaru memberikan grafik yang lebih baik
  • OpenGL ES versi terbaru adalah versi 3.2, dimana OpenGL ES digunakan untuk bermain game di perangkat mobile seperti smartphone.
  • GPU Turbo 680MHz, yang ketika GPU berjalan pada ambang batasnya, masih dapat menghasilkan kecepatan clock yang lebih tinggi, yang akan meningkatkan kinerja.
👉 TRENDING  IOS dan Android - Sistem Operasi Mana yang Lebih Bagus?

Samsung A13 akan menjadi smartphone 5G dengan harga lebih murah dari Samsung

Sebelumnya, Samsung merilis smartphone 5G, seperti Samsung Galaxy A22 5G, Samsung Galaxy A32 5G dan beberapa versi 5G lainnya. Namun, ponsel versi 5G sebelumnya cukup mahal, yakni sekitar Rp 3,5 juta lebih. Galaxy A13, sementara itu, diperkirakan hanya dibanderol 200 euro atau sekitar Rp 3,3 juta.

Jika memang benar Samsung A13 akan memiliki harga, spesifikasi, fitur, dll seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka produk ini akan menjadi smartphone 5G termurah Samsung. Biasanya harga ponsel di Eropa akan lebih mahal daripada harga ponsel di Amerika Serikat atau negara lain karena besarnya pajak yang diterapkan di sana. Meski demikian, produk baru dari Samsung ini masih sangat dinanti, mengingat ramalan harga yang murah dengan fitur-fitur menarik dari produk baru dari Samsung ini nampaknya cukup menggiurkan.

Sayangnya, sejauh ini belum ada yang memprediksi fitur baru apa yang akan dimiliki smartphone Samsung A13 ini, kecuali layanan jaringan 5G dan kamera terbaru. Meski demikian, ia yakin fitur-fitur yang ada pada smartphone Samsung ini mampu memanjakan penggunanya.

Masyarakat Indonesia sepertinya harus lebih bersabar menunggu tawaran ponsel Samsung ini. Seperti rumor lain mengatakan, Samsung A13 akan diumumkan di Eropa hanya pada akhir 2021 atau awal 2022. GSM Arena sendiri memperkirakan Galaxy A13 5G bisa diluncurkan pada November tahun ini, mengingat Galaxy A12 juga dirilis pada 2022. November 2020. Namun, sekali lagi, belum ada pengumuman resmi mengenai peluncuran pasti ponsel Samsung A13 ini di pasaran.

Daftar Isi