fbpx
Cara Mudah Reset HP XIAOMI dengan Cepat Tanpa Ribet
Cara Mudah Reset HP XIAOMI dengan Cepat Tanpa Ribet

Cara Mudah Reset HP XIAOMI dengan Cepat Tanpa Ribet

Memiliki smartphone kini sudah menjadi kebutuhan bukan gaya hidup. Salah satu brand ternama adalah Xiaomi yang merilis seri terbarunya yang tak kalah dinamisnya. Namun jika mengalami masalah, banyak yang belum mengetahui cara restore hp xiaomi agar bisa di restore gunakan seperti semula. Jangan terburu-buru untuk menjualnya, karena caranya sangat mudah.

1. Cara reset pabrik

Jika ponsel xiaomi bermasalah hampir tidak mungkin digunakan, jangan buru-buru menjualnya. Lakukan beberapa langkah untuk factory reset ponsel xiaomi Anda yang fungsi utamanya adalah mengembalikan ponsel ke keadaan semula sebelum mengisi berbagai data aplikasi.

Sesuai dengan namanya, cara reset hp xiaomi ke factory reset artinya hp akan kembali ke menu seperti hp pabrik baru. Ini berarti bahwa pemilik ponsel xiaomi harus siap kehilangan beberapa data dari ponsel. Jadi sebelum mengatur ulang, pastikan untuk menyimpan atau membuat cadangan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

Hal pertama yang harus dilakukan saat melakukan factory reset adalah masuk ke menu pengaturan ponsel Xiaomi. Menu ini akan mengatur ulang ponsel xiaomi Anda dengan mengembalikan ponsel ke keadaan baru. Di menu Pengaturan atau Pengaturan, pilih Pengaturan atau Pengaturan Tambahan.

2. Salin

Pengaturan tambahan tersedia di menu Duplikat. Pilih menu, maka data ponsel Xiaomi akan dibackup sebelum mengembalikan ponsel ke layar pabrik.

3. Pulihkan

Di menu yang sama, klik menu Reset. Saat Anda mengakses menu ini, opsi reset pabrik akan muncul. Klik opsi tersebut, maka ponsel akan siap untuk diubah ke pengaturan pabrik. Pilih “Reset Telepon” Lanjutkan konfirmasi dengan mengklik “Hapus”. Dengan demikian, proses reset pabrik akan berhasil.

4. Proses pemulihan selesai

Setelah menyelesaikan semua proses, ponsel Xiaomi akan kembali ke pengaturan pabrik. Artinya, tidak akan ada data baca yang tersimpan di ponsel, kecuali data yang tersimpan.

👉 TRENDING  26+ Tips dan Trik Rahasia Pada iPhone 13 Pro Max Terbaik

5. Mulai ulang

Selesaikan proses dengan memulai ulang. Untuk beberapa jenis, proses reboot ini akan terjadi secara otomatis setelah proses reset selesai. Jika ponsel xiaomi menampilkan menu layar beranda, seluruh proses selesai.

Bagaimana cara hard reset?

Selain masuk ke pengaturan pabrik, ada cara lain untuk mengembalikan ponsel xiaomi untuk mengembalikan kondisi ponsel, khususnya dengan hard recovery. Yang penting kondisi baterai minimal 50%. Selanjutnya, ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Matikan Perangkat

Jika ingin melakukan hard reset, pengguna harus melakukannya saat perangkat dimatikan. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, pastikan baterai tidak lemah. Jika dalam kondisi daya rendah, proses ini tidak akan optimal.

2. Pemulihan Xiaomi

Langkah selanjutnya masuk ke menu recovery xiaomi. Caranya adalah dengan menekan tombol power bersamaan dengan volume atas. Klik sampai muncul logo xiaomi, proses akan dilanjutkan dengan mengetik Mi Recovery.

3. Hapus data

Sebelum melakukan hard reset, langkah selanjutnya adalah memilih versi bahasa. Pilih bahasa Inggris untuk melanjutkan. Pengguna kemudian dapat mengakses Wipe Data / Factory Reset, lalu klik All Wipe Data. Konfirmasi untuk melanjutkan proses dengan mengklik Yes Tunggu proses beberapa saat.

4. Mulai ulang

Jika proses sudah selesai, lanjutkan proses Reboot atau restart ponsel xiaomi kamu. Dengan demikian, proses selesai, perangkat dapat digunakan kembali seperti baru.

Proses hard reset ini berguna tidak hanya ketika ponsel Anda hang, tetapi juga ketika Anda lupa kata sandi atau pola kunci ponsel xiaomi Anda. Masalah ini dapat diselesaikan karena ponsel akan kembali ke pengaturan semula tanpa pola kata sandi.

Metode hard reset ini sering disebut recovery mode. Tentu saja, ini disebabkan oleh fakta bahwa ada banyak masalah kecil pada smartphone yang dapat diselesaikan dengan mengembalikan ponsel ini ke pengaturan aslinya.

👉 TRENDING  Kartu Keluarga Hilang? Begini Cara dan Syarat Mengurusnya

Menggunakan Akses Mi Cloud:

Jika kedua cara reset tidak berhasil atau Anda ragu untuk melakukannya, pengguna dapat mengakses Mi Cloud untuk melakukan reset. Situs ini dapat diakses dari komputer atau laptop, kemudian login menggunakan akun password yang digunakan pada smartphone.

1. Buka browser

Langkah pertama dalam mengakses Mi Cloud adalah membuka website us.i.mi.com di PC Anda. Selanjutnya, lanjutkan untuk mengakses Akun Mi yang sesuai dengan akun yang digunakan pada ponsel yang direset.

2. Masuk

Setelah masuk dengan kata sandi pengguna, pengguna juga akan diminta untuk memasukkan alamat email nomor ponsel mereka. Lanjutkan lagi dengan mengklik Masuk. Jika Anda telah berhasil login, Anda akan menemukan perangkat Anda di menu yang tersedia. Klik find device untuk menemukannya, tunggu sampai terdeteksi.

3. Bersihkan perangkat

Langkah selanjutnya adalah klik pada perangkat yang Anda miliki, sesuai dengan jenis yang Anda miliki. Lanjutkan mengakses menu Wipe Device untuk melakukan hard reset melalui Mi Cloud. Tampilan selanjutnya adalah data apa yang ada di ponsel: akan dihapus.

4. Konfirmasi penghapusan

Jika sudah yakin semua data yang ditampilkan akan terhapus, klik “Hapus” proses akan dilanjutkan. Proses akan berakhir dalam beberapa menit, setelah itu perangkat akan restart secara otomatis.

Manfaat Reset HP:

Menyetel ulang dengan cara yang berbeda ternyata bermanfaat tidak hanya saat ponsel hang. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan pengguna dengan melakukan reset, khususnya:

1. Optimalisasi kinerja

Salah satu manfaat melakukan pemulihan pabrik atau hard drive adalah mengoptimalkan kinerja ponsel Anda. Terkadang ponsel mulai melambat, terutama setelah beberapa tahun digunakan. Maka cara ini bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsinya secara optimal.

👉 TRENDING  Ingin Motor bekas yang Murah? Cek Harga Motor Beat Bekas 2022

2. Virus murni

Seperti halnya komputer, smartphone merupakan perangkat yang rentan terhadap virus atau malware. Factory reset adalah cara yang efektif untuk membersihkan ponsel Anda dari virus sehingga perangkat dapat berfungsi seperti semula, bebas dari malware.

3. Bersihkan cache

Terlalu banyak pekerjaan pada ponsel menciptakan tumpukan cache atau file sampah. Apalagi jika ponsel memiliki banyak aplikasi. Factory Hard Recovery dapat membersihkan file sampah yang mengganggu ponsel Anda.

4. Buat Penyimpanan Kembali secara gratis

Jika file sampah virus rusak, ruang penyimpanan secara otomatis akan mengurangi isinya. Dengan demikian, hard recovery pabrik adalah cara yang efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan sehingga dapat digunakan untuk menyimpan file baru.

Tentu saja, beberapa cara untuk memulihkan ponsel Xiaomi perlu dilakukan dengan hati-hati. Terkadang terjadi kegagalan saat restart. Jadi pastikan user sudah membackup semua data hp, pastikan power hp minimal 50%, selesaikan masalah hp sebelum reset.