Bagaimana Cara Kerja Facebook Marketplace? Wajib Tahu

  • administrator
  • Nov 18, 2021
Bagaimana Cara Kerja Facebook Marketplace? Wajib Tahu

Jumlah penjualan online terus meningkat dari tahun ke tahun. Ada banyak platform yang membangun pasar. Termasuk media sosial seperti Facebook. Siapa sangka berjualan di Facebook Marketplace begitu efektif?

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk meningkatkan pendapatan atau memperluas pasar Anda, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa itu Facebook Marketplace, cara kerjanya, dan cara mengoptimalkan keuntungan dari platform ini.

Anda dapat membaca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui detailnya.

Apa itu Pasar Facebook?

Sesuai dengan namanya, Facebook Marketplace merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Facebook. Dengan fitur ini Anda dapat menjual: mengiklankan produk Anda tanpa memiliki situs web toko.

Sebagai media sosial, banyak orang berkumpul di Facebook. Oleh karena itu, berjualan di Facebook bisa dikatakan cukup potensial. Bisakah Anda menyarankan produk apa yang Anda miliki? Mulai dari makanan, pakaian, hingga barang-barang seperti jam tangan atau mainan.

Selain itu, pembeli dapat menghubungi penjual secara langsung melalui Messenger. Kemudahan interaksi ini membantu penjual mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Dengan demikian, peluang pembeli untuk menyelesaikan transaksi akan lebih besar.

Cara Menjual di Facebook Marketplace

Jualan di Marketplace sebenarnya cukup mudah. Tetapi jika Anda baru, wajar jika Anda merasa sedikit bingung. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti cara berjualan di Facebook Marketplace berikut ini.

1. Posting penjualan di Facebook

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk berjualan online adalah penjualan atau penawaran Anda di Facebook. Jangan lupa untuk mendefinisikannya sebagai penawaran umum. Jadi semua orang bisa melihat penawaran Anda di Facebook.

Untuk mulai berjualan di Facebook, Anda bisa memulainya dengan memilih opsi “Marketplace” di menu sebelah kiri. Selanjutnya klik “Buat Aplikasi Baru” klik “Produk Terjual”. Kemudian upload foto produk isi informasi produk.

Jangan lupa mencantumkan harga produk pada kolom harga jual. Anda juga dapat membuat hadiah atau menawarkan barang gratis di sini. Triknya, isikan saja kolom harga dengan angka nol.

Setelah memasukkan harga produk, klik tombol “Next”. Tombol ini hanya bisa diklik jika semua informasi sudah lengkap. Jika tombol masih abu-abu, periksa kembali apakah ada area yang Anda lewatkan.

2. Jualan di grup Facebook

Anda dapat menemukan banyak komunitas jual beli aktif di grup Facebook. Anda dapat mengakses grup ini untuk memperluas penjualan Anda. Pastikan Anda memilih grup yang benar-benar sesuai dengan target pasar Anda.

Misalnya, jika Anda menjual barang-barang seperti ikan hias, Anda dapat bergabung dengan kelompok komunitas atau membeli atau menjual ikan hias. Anda juga dapat memilih grup Facebook sesuai dengan wilayah Anda. Seperti Samarinda Trading Group, dll.

3. Gunakan Pengiriman Facebook!

Saat menjual barang di pasar, barang Anda mungkin memenuhi syarat melalui pasar pengiriman. Ada beberapa opsi pengiriman yang tersedia di Marketplace. Khususnya Lion Parcel, J&T SiCepat. Seperti Gosend, Grab DPEX.

Namun, pengiriman ini masih terbatas di Jakarta, Bogor, Depot, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekas. Juga, satu-satunya barang yang dapat dikirim adalah barang berukuran kecil hingga sedang.

Tips untuk mengoptimalkan penjualan di Facebook Marketplace

Perilaku pengguna adalah salah satu faktor terpenting dalam algoritma Facebook. Memahami hal ini akan memudahkan Anda dalam mengoptimalkan penjualan di Facebook Marketplace. Lalu bagaimana cara menggunakan algoritma Facebook untuk meningkatkan penjualan?

1. Lakukan riset

Sebelum menjual, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Periksa produk mana yang paling diminati untuk kategori produk yang mirip dengan produk yang Anda tawarkan. Kemudian cek halaman toko yang menjual produk tersebut.

Riset pasar atau pencarian di Facebook adalah langkah yang harus Anda lakukan sebelum Anda bisa mulai menjual produk di Facebook. Dengan searching, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa ekosistem jual beli, kriteria harga, dan apa yang perlu kamu lakukan untuk menarik perhatian calon potensial. pelanggan: Anda?

2. Gunakan Iklan Facebook

Setelah Anda melakukan riset dan menemukan target pasar Anda, jangan ragu untuk menggunakan iklan Facebook. Melalui iklan Anda dapat memperluas pasar Anda menjangkau pelanggan baru. Iklan Facebook juga dapat membantu pembeli lama menemukan kembali produk Anda, mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang.

Anda dapat memilih tarif iklan Facebook sesuai dengan kebutuhan Anda anggaran. Memilih skor tertinggi tidak berarti bahwa ada hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memahami bisnis Anda dan cara kerja iklan Facebook. Sehingga Anda dapat mengetahui seberapa efektif iklan untuk bisnis Anda.

3. Gunakan kata kunci yang relevan

Saat berjualan di Facebook, Anda juga bisa menggunakan kata kunci. Kata kunci yang tepat dapat membantu kandidat pelanggan: menemukan produk Anda. Optimalkan penggunaan kata kunci dengan menempatkan kata kunci di judul: deskripsi produk.

Sudahlah melakukan penelitian kata kunci pertama. Temukan kata kunci yang paling relevan untuk produk Anda. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengisi detail produk. Mulai dari nama produk, warna, model, jenis atau bahan yang digunakan, kondisi produk hal-hal lain yang berhubungan dengan produk Anda.

4. Pilih kategori yang tepat

Hindari memasukkan beberapa kategori untuk satu produk. Apalagi jika kategori yang Anda pilih tidak sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya, jangan masuk kategori barang elektronik jika yang Anda jual adalah pakaian.

Salah memasukkan kategori akan mempersulit Anda untuk menemukan produk Anda. Ini juga akan mengurangi kemungkinan pembeli potensial membeli produk Anda.

5. Gunakan Foto yang Jelas

Penggunaan foto memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan. Banyak orang mengandalkan tampilan visual saat membeli sebagai produk. Buram, kualitas rendah produk yang tidak dapat dipahami dianggap tidak menarik jarang terlihat.

Untuk mendapatkan foto yang jernih dan berkualitas tinggi, pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang baik. Selain itu, latar belakang yang sederhana, seperti hitam atau putih, juga akan membantu pembeli melihat detail produk dengan lebih baik.

6. Menjaga reputasi toko

Terakhir, pastikan Anda selalu menjaga reputasi baik di toko. Salah satu cara untuk menunjukkan reputasi Facebook Marketplace adalah dengan memberikan badge. Toko Anda dapat membeli dua jenis lencana.

Yang pertama adalah tanda bagi penjual yang cepat tanggap terhadap pembeli. Dan yang kedua adalah tanda untuk penjual dengan peringkat tinggi di Marketplace. Dengan dua lencana ini, pembeli akan lebih percaya diri di toko Anda.

Berikut beberapa informasi tentang Facebook Marketplace yang perlu Anda ketahui. Termasuk cara berjualan cara mengoptimalkan penjualan di Marketplace. Dengan menggunakan Marketplace di Facebook, Anda dapat meningkatkan jangkauan target pasar Anda meningkatkan penjualan Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *