fbpx
Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula
Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Bisnis properti merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Tentunya bisnis ini sangat potensial dan sedang dikembangkan oleh mahasiswa. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali jenis wirausaha yang tumbuh di dalam negeri.

Tentu saja, kita tidak bisa mengatakan bahwa bisnis ini mudah. Membuat beberapa kesalahan, broker bisa membuat kerugian yang cukup besar. Tentu saja, mereka tidak pernah menginginkan acara ini, apalagi jika mereka memiliki modal usaha real estate yang sangat terbatas.

Sumber Hapus Teks Unsplash / Alt Bisnis Properti Deep Starter

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis kecil-kecilan dengan modal kecil? Baca di sini untuk mengetahui rahasia bisnis startup yang sukses.

Tips Membangun Startup Bisnis Properti

  1. Dari milik pribadi

Salah satu rahasia memulai bisnis real estat adalah memulai bisnis ekuitas swasta. Seringkali, mereka mulai memberikan properti untuk orang tua mereka. Bisa berupa apartemen, tanah, dan tempat tinggal.

Namun, bahkan jika mereka sudah memiliki properti yang ingin mereka jual, mereka tidak dapat dengan mudah menemukan pembeli. Pembeli yang ingin membeli rumah harus berusaha mencari koneksi dan bersosialisasi.

Lalu, bagaimana jika tidak ada aset? Sobat Pintar bisa dijadikan tempat untuk memulai usaha di Rumah Sobat Cerdas dengan memulai usaha kost atau menyewa tempat kosong di rumah. Tentunya Sobat Pintar harus meminta izin orang tua terlebih dahulu, ya.

  1. Iklankan properti kerabat dekat

Juga, jika cara pertama tidak memungkinkan, Anda dapat mencoba membantu mempromosikan properti kerabat dekat Anda. Mungkin salah satu kerabat Anda benar-benar ingin menjual atau menyewakan propertinya, bukan?

Di sinilah Smart Buddy bekerja sebagai broker. Sobat Pintar sudah mengenal saudaranya, jadi dijamin punya harta sendiri, jadi jangan takut curang. Selain itu, Smart Buddy dapat dengan mudah mendiskusikan masalah margin dengan mereka. Setelah menyetujui kesepakatan margin, Sobat Pintar akan mulai mencari koneksi dan memperkenalkan properti kepada mereka yang ingin membeli rumah baru.

  1. Mulai berinvestasi dalam aset
👉 TRENDING  Contoh Lengkap Proposal Untuk Usaha dalam Kemajuan Bisnis

Cara ini sangat cocok untuk teman-teman cerdas yang ingin memulai bisnis real estate bersama-sama. Sekarang ada banyak platform untuk investasi real estat. Sistem operasi mereka umumnya sama dengan sistem stok konvensional.

Sobat Pintar dapat mulai membeli aset melalui platform hanya dalam beberapa persen. Dalam beberapa tahun, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kemitraan real estat atau penjualan real estat, bisa Anda dapatkan dalam beberapa tahun.

  1. Membuat situs web properti

Ini adalah cara yang bagus untuk merekomendasikan teman-teman yang cerdas. Anda bisa mencoba membuat website properti yang berisi properti yang Anda miliki. Bisa berupa rumah tinggal, apartemen, ruko, tanah dan kos-kosan.

Gunakan promosi aset melalui situs web dan pelajari teknik digital Pemasaran SEO untuk tempat pertama di halaman pencarian. Jangan lupa untuk menulis tips membeli atau menyewa properti agar teman-teman pintar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

4. Tren perumahan saat ini

Penting untuk bekerja dengan kerabat sebagai makelar barang tak bergerak, tetapi teman yang cerdas harus mengetahui tren kehidupan saat ini Memukul Apa sekarang.

Tren aset berubah setiap tahun. Saat ini banyak orang yang mencari taman kecil, apartemen studio, rumah kecil di tengah kota, atau rumah kecil di pinggiran kota.

  1. Lokasi dan akses

Selain melihat tren perumahan terkini, Sobat Pintar harus memastikan bahwa properti yang ingin Anda pasarkan terjangkau dan mudah dijangkau.

Setiap calon pembeli pasti memikirkan hal ini, misalnya seberapa dekat Anda dengan pusat kota, layanan transportasi apa saja yang tersedia, dan apakah fasilitas di kawasan tersebut sudah lengkap? Apakah ada rumah sakit, sekolah, taman bermain, dll.?

Dengan memiliki properti di lokasi yang strategis, Sahabat Pintar dapat dengan mudah menjual properti tersebut.

  1. Perubahan harga properti
👉 TRENDING  Tutorial Terlengkap Membuat dan Mengubah Password Wifi

Seperti halnya investasi, harga properti naik setiap tahun. Jika harga apartemen di kawasan Tangerang selatan saat ini sekitar Rp 500 juta, tahun depan bisa naik menjadi Rp 600 juta.

Sahabat yang bijak harus selalu ada agar tidak merasa kehilangan Memperbarui Dengan nilai pasar properti saat ini. Anda dapat melihat tren harga aset di situs web aset populer atau halaman berita aset.

  1. Pelajari hukum jual beli properti

Jangan hanya memulai bisnis properti, Anda perlu mengetahui aturan terkait properti. Jika Anda tidak memahami hal-hal seperti itu, dapat mengurangi kepercayaan pengguna terhadap Smart Buddy.

Apalagi, di tengah penjualan properti ini, Smart Buddy terkendala dengan penguasaan lahan. Sobat Pintar tentunya sudah lelah memikirkan solusi dari permasalahan tersebut. Jadi pelajari hukum jual beli properti di situs terpercaya atau beli buku dan bicarakan dengan pakar real estate lho.

  1. Pelajari pajak penjualan properti

Menurut undang-undang, Sobat Cerdas harus tahu pajak apa yang harus dibayar saat mentransfer properti. Saat ini, ada beberapa jenis pajak properti yang harus dibayar.

SVTO

Harga Jual Barang Kena Pajak atau NJOP adalah nilai yang ditetapkan negara berdasarkan penggunaan pajak PBB.

NJKP

Nilai penjualan pajak atau NJKP dimasukkan dalam perhitungan pajak.

NPOP

Nilai Barang Kena Pajak atau NPOP adalah biaya perolehan hak guna bangunan menurut perhitungan BPHTB.

  1. Menghitung Pajak Pembelian Rumah

Anda hanya perlu lebih membedakan dengan bantuan yang Anda berikan kepada orang lain.

PPH (Pajak Penghasilan)

Contoh nomor:

Pada tahun 2016, pemerintah akan mengenakan pajak penghasilan nominal 2,5% atas pajak bumi final atas pengalihan hak atas bumi atau bangunan sesuai dengan PP 34.

👉 TRENDING  26+ Tips dan Trik Rahasia Pada iPhone 13 Pro Max Terbaik

Jika harga jual properti tersebut adalah Rp 500.000.000, maka status pH dikurangi

2.5% x Rp.500.000.000 = Rp12.500.000

PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Pajak ini biasanya dibayarkan kepada penjual dan dibayarkan setahun sekali. Nilai pajak ini sama dengan 0,5% dari NJKP atau 20% dari NJOP.

Cara menghitung:

Perumahan NJOP Rp. 1.000.000 dan NJOPTKP Rp. 10.000.000 100 meter persegi dan 200 meter persegi tanah.

  1. NJOP Gedung 100m x Rp. 1.000.000 = 100.000.000 RPM.
  2. NJOP Bumi = 200 m x Rp. 1.000.000 = 200.000.000 Rs.
  3. NJOP di PBB = Rp100.000.000 + Rp200.000.000 = Rp300.000.000
  4. NJKP = 20% x (Rp300.000.000-Rp10.000.000)

= 20% x Rp290.000.000

= 58.000.000 Birr

  1. PBB = 0,5% x Rp58.000.000

= Rp29.000.000

PPN (PPN)

Pajak yang satu ini adalah 10% dari total nilai transaksi dan biasanya dibayarkan kepada pembeli.

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis properti?

Setelah membaca artikel ini, Sobat Pintar sudah tahu cara memulai bisnis properti. Selamat berbisnis properti, Sobat Pintar! Jadilah broker yang jujur ​​dan hebat!