?> Cara Mudah dalam Mengisi SPT Tahunan Personal Secara Online tahun 2022 | Livoop
Cara Mudah dalam Mengisi SPT Tahunan Personal Secara Online tahun 2022
Cara Mudah dalam Mengisi SPT Tahunan Personal Secara Online tahun 2022

Cara Mudah dalam Mengisi SPT Tahunan Personal Secara Online tahun 2022

Cara mengajukan SPT Tahunan Sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan dengan mudah. Terutama untuk membuat metode online lebih mudah dan cepat. Ini bahkan lebih mengasyikkan. Pribadi Bahkan Anda bisa melakukannya untuk memenuhi semuanya.

Anda dapat menyelesaikan prosesnya dengan mengajukan pengembalian pajak melalui e-filing. Langkah ini memungkinkan Anda untuk membayar pajak secara langsung On line Atau e-fill, sehingga dengan adanya program ini Anda tidak perlu datang ke kantor Ditjen Pajak untuk mengurus. Jadi apa prosesnya? Yuk simak penjelasannya.

Cari tahu pengembalian pajak tahunan

Ada beberapa SPT tahunan yang perlu Anda pahami dan pahami terlebih dahulu sebelum beralih ke proses pengelolaan SPT. Ada banyak klasifikasi pada tahap ini, tentu saja, tergantung pada situasi pekerjaan dan jumlah pendapatan yang diperoleh, termasuk SPT 1770 SS, 1770 S dan 1770.

Apa perbedaan dari SPT tahunan? Lihat deskripsi lengkap.

  1. SPT 1770 SS

Pada tahap ini, jika Anda menggunakan SPT 1770 SS, sebenarnya akan menelan biaya Rs 60 juta setahun. Anda memiliki penghasilan lebih sedikit. Proses pembayarannya sendiri hanya membutuhkan dokumen pelaporan jika buktinya dikurangi 1721 A1 khusus pegawai swasta dan 1721 A2 untuk pegawai negeri sipil.

Anda akan lebih mudah untuk memahami dan memahami Cara mengajukan SPT Tahunan Yg dibutuhkan. Jadi, pahami dulu SPT sebelum menyerahkan dan melaporkan.

  1. SPT 1770 S.

Jika Anda memiliki nominal pendapatan lebih dari Rp 60 juta per tahun, maka gunakan SPT 1770 S untuk mendaftar dan menggunakan proses pelaporan.

  1. Pengembalian Pajak 1770

Terakhir, jika Anda memiliki penghasilan lain dan tingkat tenaga kerja kurang dari Rp. 60 SP atau lebih menggunakan SPT 1770. SPT ini biasanya ditujukan untuk Wajib Pajak bukan pegawai. Sangat mudah baginya untuk mengelola, karena dia telah melalui proses On line.

Langkah-Langkah Menyelesaikan SPT Tahunan Pribadi

  1. Buat E-FIN dulu

Jika Anda ingin mengirimkan semuanya secara pribadi dan online, penting untuk menetapkan beberapa persyaratan penting terlebih dahulu. Pada tahap ini pertama-tama Anda akan diminta untuk membuat E-FIN. Apa itu e-FIN? Formulir Nomor Identifikasi Elektronik.

Jika Anda tidak memilikinya, segera laporkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari rumah Anda. Persyaratan untuk mengaksesnya tidak begitu sulit, Anda hanya perlu menyertakan WP atau wajib pajak Anda. Kemudian selesaikan proses pembuatan setelah NPWP dan KTP/SIM/Passport.

Bagi yang memenuhi syarat, selanjutnya akan diminta untuk menyelesaikan langkah selanjutnya di Kantor KPP. Laporkan ke Departemen Layanan segera setelah selesai. Biasanya hanya membutuhkan satu hari kerja untuk mendapatkan yang terlama.

Setelah Anda menerima e-FIN, Anda dapat membuat pengaturan untuk melengkapi SPT tahunan Anda secara otomatis. On line.

  1. Aktivasi dan pendaftaran akun

Juga, jika Anda sudah memiliki E-FIN, langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya langsung melalui kantor pajak. Jika ya, maka Anda siap untuk menyelesaikan SPT tahunan. Untuk langkah selanjutnya, Anda harus terlebih dahulu mengatur email dan nomor ponsel Anda.

Biasanya diperlukan waktu 30 hari sejak Anda menerima e-FIN untuk mengaktifkan aktivitas. Untuk proses aktivasinya sendiri bisa mengunjungi www.Efiling.pajak.go.id. Jika situs sudah terbuka, maka langsung saja melalui proses registrasi dan masukkan beberapa data yang diminta. Beberapa informasi yang diperlukan mulai dari NPWP, kode e-FIN, email, nomor ponsel dan kata sandi. Terakhir, tinggal isi kode keamanan (captcha) dan daftar.

Nantinya, kode aktivasi akan dikirimkan ke email yang Anda daftarkan tadi dan akan diberikan link langsung. Namun, jika Anda masih belum masuk dan belum menerima tautan, Anda dapat meminta tautan aktivasi ulang. Setelah login, proses aktivasi akun sudah tersedia dan Anda bisa memulai proses pengisian SPT Anda.

Tahapan Penyelesaian SPT Tahunan

Jika sudah memiliki rekening untuk proses pengajuan SPT tahunan, langkah selanjutnya adalah memahami beberapa prosedur yang diperlukan. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, simak penjelasan lengkapnya.

1. Masuk

Langkah pertama adalah login atau login langsung ke akun yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Segera setelah Anda memasuki halaman pertama, pilih “Buat SPT” dan jawab beberapa pertanyaan yang diberikan. Pada tahap ini Anda akan dipandu langsung ke tipe SPT dan melengkapi data yang dibutuhkan.

2. Lengkapi tahun pajak, status SPT dan status koreksi

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyelesaikan SPT tahunan Anda, kembali normal. Setelah itu, klik langkah selanjutnya.

3. Rincian pajak penghasilan

Ketika Anda mengatur halaman depan, Anda sebenarnya diarahkan ke pengembalian pajak penghasilan. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk melengkapi rincian berdasarkan bukti pengurangan pajak sebelumnya. Ketika Anda melakukan ini, cukup klik pada halaman berikutnya.

4. Isi SPT final

Cara mengajukan SPT Tahunan Anda diharuskan untuk mengajukan atau mengajukan pengembalian pajak penghasilan dan ada pengecualian untuk barang kena pajak. Proses ini, jika Anda memenangkan hadiah 1 juta rupee, akan dikurangi 25% untuk pH akhir.

Kemudian untuk keperluan pajak, jika Anda memiliki penghasilan yang diwarisi, tetapi tidak ada apa-apa, biarkan kolom tersebut kosong.

5. Isi semua aset dan kewajiban

Jika Anda mengajukan SPT final, langkah yang harus Anda lakukan adalah terkait dengan semua aset dan kewajiban yang Anda miliki. Anda harus menyelesaikan semuanya dan memasukkan data yang jelas. Rumah, furniture, mobil atau motor, dan selebihnya kredit masih jalan.

6. Setuju dengan pernyataan tersebut

Selanjutnya, setelah Anda selesai, yang harus Anda lakukan adalah menyetujui ketentuan perjanjian di situs web.

7. Ringkasan SPT

Setelah itu, Anda akhirnya akan menerima Ringkasan SPT dan Kode Verifikasi, yang kemudian akan dikirim ke nomor telepon yang terdaftar sebelumnya.

8. Masukkan kode verifikasi

Jika Anda menerima nomor verifikasi dari nomor telepon Anda, Anda hanya perlu memasukkannya dan mengirimkan SPT yang sudah diisi.

9. SPT dikirim.

Terakhir, jika Anda memasukkan dan mengirim kode verifikasi, Anda akan menerima tanda terima elektronik (BPE) SPT tahunan melalui email.