Panduan Menggunakan Aplikasi Zoom di iPhone dan iPad

  • administrator
  • Dec 20, 2021
Panduan Menggunakan Aplikasi Zoom di iPhone dan iPad

Di tengah wabah COVID-19, kerja jarak jauh telah menjadi hal yang biasa dilakukan. Dan dalam masa pengujian ini, Zoom aplikasi konferensi video – telah terbukti menjadi alat yang sangat membantu bagi para profesional untuk mengadakan rapat online. melalui panggilan video, berbagi layar tanpa hambatan, dan rapat instan langsung dari sofa yang nyaman. Jika Aplikasi Konferensi Video ini juga menarik perhatian Anda, ikuti saya saat saya mengajari Anda cara menggunakan aplikasi Zoom di iPhone dan iPad Anda seperti seorang profesional.

Cara Mengatur Aplikasi Zoom di iPhone dan iPad

Meskipun ada sejumlah alternatif penting, sangat sedikit di antaranya yang mudah digunakan seperti Zoom. Aplikasi konferensi video ini memiliki antarmuka yang mudah dinavigasi dan dapat diatur dalam beberapa ketukan mudah. Dan lebih baik lagi, ini memungkinkan Anda untuk bergabung dalam rapat bahkan tanpa harus masuk (cukup ketuk ikon roda gigi untuk mengakses semua pengaturan dasar).

Izin seperti apa yang diminta oleh aplikasi Zoom?

Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi Zoom di iPhone, Anda mungkin diminta untuk mengotorisasi akses ke beberapa fitur penting seperti kamera, mikrofon, kalender, foto, dan lainnya. Terserah kebijaksanaan Anda untuk mengizinkan atau melarang aplikasi menggunakan fitur ini.

Zoom Akan Meminta Izin Berikut:

  • Kontak: Berikan izin aplikasi untuk mengakses aplikasi Kontak agar Anda dapat melakukan panggilan video/audio.
  • Lokasi: Aplikasi akan meminta akses ke lokasi Anda sehingga dapat menghasilkan Lokasi Tanggap Darurat. Ini akan membantu Anda saat menghubungi layanan darurat dari telepon Zoom.
  • Kalender: Ini membantu Zoom untuk menambahkan rapat sebagai acara di aplikasi kalender stok.
  • Mikrofon: Berikan izin aplikasi untuk menggunakan mikrofon iPhone Anda sehingga Anda dapat bergabung ke rapat atau webinar.
  • Kamera: Berikan izin aplikasi untuk menggunakan kamera iPhone Anda sehingga Anda dapat membagikan video Anda dalam rapat atau webinar.
  • Foto: Berikan akses aplikasi ke aplikasi Foto sehingga dapat menambahkan gambar ke pesan obrolan, atau untuk berbagi layar selama rapat atau webinar.
  • Penyegaran Aplikasi Latar Belakang: Menawarkan aplikasi kemampuan untuk mengirim pemberitahuan untuk undangan Rapat saat aplikasi ditutup atau tidak berjalan secara aktif.
  • Notifikasi: Ini memungkinkan aplikasi menampilkan notifikasi untuk pesan obrolan, rapat mendatang, dan banyak lagi.
  • Siri & Pencarian: Mengizinkan aplikasi menambahkan Pintasan Siri seperti Bergabung ke Rapat Berikutnya, Lihat Rapat Hari Ini, Mulai Rapat Pribadi Saya.

Cara Memulai Rapat Instan Menggunakan PMI atau ID Rapat di Aplikasi Zoom

Anda dapat memulai rapat sebagai tuan rumah menggunakan kunci tuan rumah Anda. Jadi, kapan pun Anda ingin memulai panggilan konferensi, hanya perlu beberapa ketukan mudah.

  1. Untuk memulai, ketuk tab Meet & Chat yang terletak di bagian bawah layar.
  2. Selanjutnya, ketuk tab Rapat Baru yang terletak di bagian atas layar.
  3. Selanjutnya, jika Anda ingin menggunakan Personal Meeting ID (PMI), hidupkan sakelar di sebelahnya.
  4. Terakhir, ketuk tombol Mulai Rapat dan Anda sudah siap!
  5. Anda akan melihat pop-up yang meminta Anda untuk bergabung dengan audio sehingga Anda dapat mendengar orang lain. Ketuk Panggilan Menggunakan Audio Internet.

Anda dapat beralih antara kamera selfie dan kamera belakang menggunakan tombol sakelar kamera yang terletak di sudut kiri atas.

Selama panggilan konferensi, Anda dapat melihat peserta, menonaktifkan/mengaktifkan suara mereka, mengirim pesan ke semua orang, dan bahkan mengundang orang lain untuk bergabung dengan Anda.

Jika Anda ingin berbagi konten, ketuk tab Bagikan Konten. Anda akan melihat pop-up dari bawah dengan beberapa opsi seperti Foto, iCloud Drive, Box, Google Drive, Layar (lebih lanjut tentang ini nanti), Microsoft OneDrive, URL Situs Web, dan Bookmark. Jika Anda ingin berbagi file yang disimpan di penyimpanan cloud tertentu, ketuk di atasnya lalu buka folder. Pilih file dan bagikan.

Dengan cara yang sama, Anda dapat membagikan URL situs web serta bookmark yang disimpan.

Jika Anda ingin menghentikan video tetapi ingin melanjutkan panggilan audio, ketuk tombol Stop Video yang terletak di bagian bawah.

Jika Anda ingin meninggalkan rapat, ketuk tombol Akhiri yang terletak di sudut kanan atas, dan pilih Keluar dari Rapat. Untuk menutup rapat, tekan tombol Akhiri rapat.

Catatan:

  • Zoom menyertakan fitur telepon yang dapat Anda gunakan untuk memanggil nomor atau kontak menggunakan nomor telepon langsung atau nomor perusahaan Anda.
  • Jika Anda ingin melihat log panggilan Anda, cukup buka tab Telepon > bagian riwayat. Panggilan yang dijawab, tidak terjawab, dan direkam akan tersedia di layar ini.
  • Juga, ada tab Pesan Suara tempat Anda dapat memutar dan menghapus pesan pesan suara.

Cara Bergabung ke Rapat Menggunakan ID Rapat di Aplikasi Zoom

Bergabung ke rapat di iPhone atau iPad cepat dan mudah. Selain menggunakan iPhone atau iPad untuk bergabung dalam rapat, Anda juga dapat menggunakan Smartphone Android, browser web, aplikasi desktop Zoom untuk Mac/PC, telepon rumah, perangkat H.323 atau SIP.

Perlu diingat, setiap rapat memiliki sembilan, sepuluh, atau sebelas digit angka unik yang disebut sebagai ID rapat yang dapat Anda gunakan untuk bergabung dalam rapat Zoom.

Catatan:

  • Jika Anda ingin bergabung dalam rapat melalui telepon; Anda akan diminta untuk menggunakan nomor telekonferensi yang disediakan dalam undangan.
  • Aplikasi Zoom juga menawarkan opsi untuk mengundang orang lain ke PMI Anda menggunakan pesan teks atau email. Atau, Anda cukup menyalin detail rapat dan menempelkannya ke undangan kalender.

Cara Mengubah Latar Belakang di Aplikasi Zoom di iOS

Salah satu alasan keren mengapa orang lebih suka menggunakan aplikasi Zoom di iPhone atau iPad adalah kemampuan untuk menggunakan latar belakang virtual. Aplikasi ini mengatur latar belakang laut yang indah untuk saya, yang sangat saya sukai. Selain itu, Anda dapat memilih latar belakang Anda sendiri, jika Anda tidak nyaman dengan opsi yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Selama rapat, cukup ketuk tombol Lainnya yang terletak di sudut kanan bawah layar.
  2. Selanjutnya, ketuk “Virtual Background” di menu.
  3. Selanjutnya, pilih opsi latar belakang virtual yang diberikan oleh aplikasi.

Jika Anda lebih suka memilih latar belakang Anda sendiri, ketuk tombol “+” dan kemudian jelajahi latar belakang favorit Anda dari rol kamera. Selanjutnya, ketuk Selesai. Selanjutnya, ketuk Tutup untuk kembali ke layar utama.

Jika Anda ingin menghapus latar belakang virtual, tekan tombol Lainnya, tekan latar belakang virtual dan ketuk Hapus yang terletak di sudut kiri bawah layar. Kemudian, tekan Tutup.

Catatan: Di dalam menu More terdapat beberapa pilihan yang berguna seperti Chat, Meeting Setting, Minimize Meeting, serta disconnect audio.

Cara Menjadwalkan Rapat Satu Kali atau Berulang dengan Aplikasi Zoom

Anda dapat menggunakan aplikasi Zoom untuk mengadakan rapat satu kali atau berulang. Sekali lagi, Anda dapat meng-host-nya dari iPhone, iPad, ponsel Android, klien desktop Zoom, atau portal web.

Perlu dicatat bahwa ID rapat yang tidak berulang akan kedaluwarsa setelah 30 hari. Namun, Anda memiliki opsi untuk memulai ulang ID rapat yang sama dalam periode 30 hari.

Sejauh menyangkut ID rapat berulang, itu akan kedaluwarsa setelah 365 hari. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali ID rapat untuk acara mendatang.

Selain itu, aplikasi memberi Anda opsi untuk memulai rapat terjadwal kapan saja sebelum waktu yang dijadwalkan.

Tautan tetap berlaku selama 30/365 hari. Perlu dicatat bahwa tautan rapat instan akan secara otomatis kedaluwarsa setelah rapat selesai.

  1. Untuk memulai, luncurkan aplikasi Zoom di iPhone atau iPad > tab Meet & Chat yang terletak di bagian bawah layar.
  2. Selanjutnya, tekan tab tombol Jadwal yang terletak di bagian atas layar.
  3. Selanjutnya, lanjutkan dan jadwalkan pertemuan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Catatan:

  • Gunakan ID rapat pribadi: Aktifkan, jika Anda ingin menggunakan ID Rapat Pribadi Anda. Jika tidak dipilih, ID rapat acak akan dibuat.
  • Video Host Aktif saat memulai: Pilih opsi ini jika Anda ingin video host diaktifkan secara default saat bergabung ke rapat.
  • Video Peserta Aktif saat bergabung: Pilih opsi ini jika Anda ingin video peserta diaktifkan secara default saat bergabung ke rapat.
  • Opsi Audio: Pilih opsi ini untuk mengizinkan pengguna menelepon melalui Audio perangkat, Telepon, atau Keduanya.
  • Kata Sandi Rapat: Jika Anda ingin peserta memasukkan kata sandi sebelum bergabung dengan rapat terjadwal, atur kata sandi.

Ketuk Opsi Lanjutan jika Anda ingin menggunakan opsi rapat lanjutan.

Izinkan bergabung sebelum menjadi tuan rumah: Pilih opsi ini jika Anda ingin mengizinkan peserta bergabung ke rapat sebelum Anda. Perlu dicatat bahwa rapat akan berakhir secara otomatis setelah 40 menit untuk pengguna Basic (gratis) jika tiga orang atau lebih bergabung dalam rapat.

Rekam rapat secara otomatis: Pilih opsi ini jika Anda ingin merekam rapat secara otomatis.

Jadwalkan untuk: Jika Anda memiliki hak istimewa menjadwalkan untuk pengguna Zoom lain, Anda dapat memilih untuk siapa Anda ingin menjadwalkan rapat.

Tuan Rumah Alternatif: Ini memungkinkan Anda memilih pengguna dalam grup yang sama untuk memungkinkan mereka memulai rapat saat Anda tidak ada.

Setelah Anda menjadwalkan rapat, tekan Selesai untuk mengonfirmasi.

Catatan:

Munculan untuk menambahkan rapat ke kalender iOS Anda akan muncul, di mana Anda dapat mengundang orang lain untuk bergabung dengan rapat terjadwal.
Jika Anda tidak dapat menambahkan rapat ke aplikasi kalender stok, buka Pengaturan > Privasi > Kalender. Di sini, pastikan untuk mengaktifkan Zoom.
Di dalam tab Rapat, semua rapat terjadwal akan muncul. Anda dapat memulai rapat apa pun langsung dari sana. Dan yang lebih baik lagi, Anda akan diberikan opsi untuk mengirim undangan serta mengedit ID rapat pribadi Anda.

Cara Berbagi Layar di Aplikasi Zoom di iOS

Zoom memanfaatkan deteksi kedekatan suara ultrasonik untuk menghasilkan sinyal ultrasonik untuk berbagi layar yang mulus. Jika aplikasi merasakan sinyal di Ruang Zoom, maka secara otomatis terhubung ke Ruang Zoom saat peserta mengetuk tombol Bagikan Layar.

Jika deteksi kedekatan tidak tersedia, peserta dapat mengaktifkan berbagi langsung dengan mengetikkan Kunci Berbagi yang terdiri dari rangkaian huruf.

  1. Luncurkan aplikasi Zoom di iPhone atau iPad Anda.
  2. Selanjutnya, ketuk tab Meet & Chat yang terletak di sudut kiri bawah layar.
  3. Selanjutnya, Tekan Bagikan Layar.
  4. Selanjutnya, ketik tombol berbagi dan ketuk OK.
  5. Setelah melakukannya, Anda dapat memilih untuk MENGAKTIFKAN atau MENONAKTIFKAN mikrofon. Kemudian, ketuk mulai merekam.

Ledakan! Ruang Zoom akan mulai menampilkan layar bersama pada tampilan Ruang Zoom. Segala sesuatu yang muncul di layar termasuk notifikasi akan direkam. Anda dapat mengaktifkan Jangan Ganggu (aplikasi Pengaturan > Jangan Ganggu) untuk berhenti menerima pemberitahuan selama berbagi layar.

Berbagi layar selama rapat juga mudah. Cukup ketuk tab Bagikan Konten di bagian bawah > Layar lalu lanjutkan dengan berbagi layar.

Saat Anda ingin berhenti berbagi layar, tekan tombol merah lalu ketuk Berhenti di pop-up yang muncul. Sekarang, video yang direkam akan disimpan ke perpustakaan foto Anda.

Cara Menggunakan Ruang Obrolan Pribadi Anda di Aplikasi Zoom

Fitur Zoom lain yang perlu diperhatikan adalah “Ruang Obrolan Pribadi” tempat Anda dapat menyimpan catatan dan file pribadi.

  1. Buka aplikasi Zoom di iPhone atau iPad > tab Meet & Chat di bagian bawah.
  2. Selanjutnya, tekan ikon bintang yang terletak di sudut kiri atas layar.
  3. Selanjutnya, pilih nama Anda di daftar Bersama.
  4. Selanjutnya, masukkan catatan Anda dan ketuk Enter untuk menyimpannya dengan mengirimkan catatan ke diri Anda sendiri.

Tekan tombol “+” yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih opsi untuk mengirim foto, file, atau bahkan mengambil foto. Karena aplikasi konferensi video digabungkan dengan banyak layanan cloud, Anda dapat dengan mudah mengakses file yang disimpan di layanan cloud tersebut dan mengirimkannya.

Catatan:

  • Untuk mengakses semua gambar, konten, dan pesan berbintang, tekan “i” (tombol info) yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian, pergi ke bagian tertentu.
  • Jika Anda ingin menghapus semua riwayat obrolan Zoom, tekan tombol info yang terletak di sudut kanan atas layar, lalu ketuk Hapus Riwayat Obrolan dan konfirmasi tindakan.
  • Untuk mengedit atau menghapus pesan yang dikirim/diterima, sentuh dan tahan. sebuah menu akan muncul dengan sejumlah opsi seperti: balas, bagikan, bintangi pesan, edit dan hapus. Pilih opsi pilihan Anda.
  • Atau, Anda dapat menekan tombol bintang yang terletak di sudut kanan atas layar dan kemudian ketuk Semua File untuk masuk ke semua file pribadi atau keseluruhan. Periksa opsi filter yang terletak di sudut kanan atas layar dan kemudian pilih opsi Tidak Ada atau Gambar untuk memfilter file.

Cara Membuat Saluran di Aplikasi Zoom di iOS

Saluran dapat memainkan peran penting dengan memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan kolega Anda. Untungnya, sangat mudah untuk membuat saluran atau bergabung dengan saluran yang sudah ada di aplikasi Konferensi Video ini.

  1. Di iPhone atau iPad Anda, Buka aplikasi Zoom > tab Kontak di bagian bawah.
  2. Selanjutnya, tekan tombol “+” yang terletak di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih “Buat Saluran Baru” atau “Bergabung dengan Saluran Publik” dan kemudian atur secara normal.

Anda dapat mengakses semua saluran Anda melalui tab Saluran di bagian tengah atas.

Cara Menambahkan Aplikasi ke Zoom Menggunakan App Marketplace

Satu hal yang baik tentang Zoom adalah penggabungan pasar aplikasi yang sangat berguna dari mana Anda dapat menginstal aplikasi favorit Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda. Dari Trello hingga GitHub hingga Twitter, pasar aplikasi memiliki berbagai aplikasi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda.

  1. Luncurkan aplikasi Zoom di iPhone atau iPad > tab Kontak.
  2. Selanjutnya, tekan tombol “+” yang terletak di sudut kanan atas layar.
  3. Selanjutnya, tekan Tambahkan aplikasi di menu.
  4. Aplikasi akan membawa Anda ke App Marketplace. Di sini, lihat semua opsi yang tersedia dan instal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menyesuaikan Pengaturan Zoom di iOS

Saat Anda menggunakan aplikasi Zoom di iPhone atau iPad, Anda dapat menyesuaikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini mencakup beberapa fitur yang dapat Anda sesuaikan untuk meningkatkan pengalaman Anda.

  1. Di perangkat iOS Anda, Buka aplikasi Zoom.
  2. Selanjutnya, tekan keran Pengaturan yang terletak di sudut kanan bawah layar.
  3. Selanjutnya, Anda akan disajikan dengan berbagai opsi untuk dipersonalisasi.

Edit Profil Zoom

Jika Anda ingin mengedit profil zoom Anda, ketuk foto profil. Di sini, Anda dapat mengubah foto profil, nama tampilan, jabatan, lokasi, negara atau wilayah panggilan default. Selain itu, aplikasi ini menawarkan opsi untuk menambahkan catatan pribadi dan mendapatkan ID rapat khusus (untuk versi pro).

Sesuaikan Pengaturan Rapat Zoom

Satu hal yang membedakan aplikasi Zoom dari paketnya adalah kemampuannya untuk menawarkan pengalaman rapat yang lebih personal. Dengan lusinan fitur berguna untuk dipilih, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan semuanya untuk mengambil kendali penuh atas rapat.

Untuk melakukan ini, tekan Rapat dan kemudian atur semua fitur sesuai keinginan Anda. Misalnya, Anda dapat menyalin tautan rapat secara otomatis, selalu menampilkan kontrol rapat, menyinkronkan rapat Zoom dari aplikasi Kalender, dan menyentuh tampilan Anda.

Selain itu, Anda dapat menyimpan latar belakang virtual untuk semua rapat atau rapat saat ini saja dan bahkan memilih warna kulit reaksi yang fantastis.

Personalisasi Pengaturan Obrolan Zoom

Sangat mudah untuk menyempurnakan pengaturan obrolan Zoom. Dan tergantung pada keinginan Anda, Anda dapat mengaturnya untuk tetap terhubung dengan teman dan kolega Anda sesuai keinginan Anda.

Tekan Obrolan dan kemudian Anda dapat menyertakan atau mengecualikan pratinjau tautan, mengonfigurasi aplikasi untuk hanya menerima pemberitahuan yang diberikan, memilih di mana pesan yang belum dibaca akan muncul, dan kapan harus mengingatkan Anda. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih apakah akan menerima pemberitahuan push saat Jangan Ganggu diaktifkan.

Bidikan Buram di Pengalih Tugas

Zoom juga memungkinkan Anda menyembunyikan informasi sensitif dari snapshot jendela utama Zoom. Snapshot muncul sebagai layar pratinjau di pengalih tugas iOS ketika banyak aplikasi sedang berjalan. Untuk melakukannya, tekan Jenderal. Kemudian, aktifkan sakelar di sebelah Blur snapshot pada pengalih tugas.

Selain itu, ada opsi untuk mengaktifkan panggilan terpadu untuk menerima panggilan masuk di layar kunci Anda. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk menampilkan panggilan zoom Anda di riwayat panggilan sistem. Aplikasi perekaman lainnya tidak akan berfungsi saat panggilan Zoom diaktifkan.

Gunakan Pintasan Zoom Siri

Fitur hebat lainnya di Zoom adalah kemampuan untuk bekerja dengan Siri. Jadi, jika Anda suka menggunakan Pintasan Siri yang bagus, ada kemungkinan besar Anda akan menemukan Pintasan Siri Zoom cukup berguna. Selain itu, Anda dapat menggunakan Pintasan Siri untuk bergabung ke rapat, melihat rapat hari ini, dan bahkan memulai rapat pribadi Anda dengan mudah.

Tanda tangan…

Dan itu mencakup segala sesuatu tentang cara menggunakan aplikasi Zoom di iPhone untuk tetap berhubungan dengan teman dan kolega Anda. Karena aplikasi konferensi video cukup mudah digunakan, saya yakin Anda sudah memahaminya dengan baik.

Apa saja hal yang menurut Anda menarik tentang aplikasi Zoom? Beri tahu kami pemikiran dan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *