iOS 15: 10+ Tips Safari untuk Meningkatkan Pengalaman Penjelajahan Web Anda

  • administrator
  • Dec 27, 2021
iOS 15: 10+ Tips Safari untuk Meningkatkan Pengalaman Penjelajahan Web Anda

Kiat dan trik Safari iOS 15 ini akan membuat pengalaman peramban bawaan iPhone menjadi lebih baik.

Dengan iOS 15 , Safari memiliki beberapa trik baru, termasuk Dibagikan dengan Anda, Grup Tab, dan Penjelajahan Pribadi. Tetapi seperti banyak aplikasi, fitur paling rapi mungkin tidak terlihat jelas. Jadi untuk membantu Anda memaksimalkan pengalaman Safari Anda, kami telah menyusun daftar tips dan trik Safari iOS 15 terbaik yang dapat Anda manfaatkan dengan baik saat menjelajahi web.

Jika Anda telah meningkatkan ke iOS 15, maka penting untuk membiasakan diri dengan fitur Safari baru. Berikut adalah tip dan trik Safari iOS 15 terbaik untuk membantu Anda menjelajahi web lebih cepat dan lebih efisien di iPhone.

Tip dan Trik Safari iOS 15 Terbaik untuk iPhone

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 11 tips dan trik Safari iOS 15 terbaik untuk meningkatkan pengalaman menjelajah web Anda:

#1. Nonaktifkan pewarnaan situs web di Safari

iOS 15 menyertakan fitur baru di Safari yang dikenal sebagai ‘Pewarnaan Situs Web’. Ini berarti bilah alamat secara otomatis menjadi warna yang sama dengan halaman web yang dijelajahi pengguna.

Gagasan di balik pewarnaan adalah memungkinkan antarmuka browser memudar ke latar belakang dan menciptakan pengalaman yang lebih mendalam. Namun, efeknya tidak cocok untuk semua orang. Padahal bisa dimatikan.

Untuk Mematikan ‘Pewarnaan Situs Web’ di Safari di iOS 15:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Safari
  3. Di bawah bagian “Tab”, matikan sakelar di sebelah Izinkan Pewarnaan Situs Web

#2. Segarkan Halaman Web dengan Cepat di Safari

Di dalam bilah alamat, Apple masih menyertakan ikon segarkan yang dapat Anda ketuk untuk memuat ulang halaman yang sedang dilihat. Namun, iOS 15 telah membuatnya lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk menyegarkan halaman web saat menggunakan Safari di iPhone.

Sapuan ke bawah pada halaman web mana pun‌ cukup untuk menyegarkan halaman web di Safari. Alternatif selain harus mengetuk ikon muat ulang ini sangat berguna jika Anda ingin menyimpan bilah alamat di bagian atas layar, di mana mengetuk ikon muat ulang bisa jadi kurang nyaman.

Untuk menyegarkan halaman web saat menggunakan iOS 15 Safari:

  1. Muat halaman web di Safari.
  2. Gulir ke atas dengan mengetuk Bilah Status.
  3. Tarik ke bawah untuk melakukan penyegaran halaman.

#3. Gunakan Grup Tab di Safari

Grup Tab seperti folder, dan memungkinkan Anda mengatur semua tab Safari dengan lebih baik.

Anda dapat memberikan nama khusus Grup Tab Safari, dan menjadikannya “Pribadi” juga.

Untuk membuat Grup Tab di Safari di iPhone Anda dengan iOS 15:

  1. Luncurkan aplikasi Safari di iPhone Anda dan buka layar tab. Anda dapat melakukannya dengan mengetuk ikon yang terletak di sudut kanan bawah yang terlihat seperti dua kotak.
  2. Pada layar tab, ketuk opsi yang memberi tahu Anda berapa banyak tab yang saat ini Anda buka di bagian tengah bawah layar. Ini akan meluncurkan halaman Grup Tab .
  3. Pilih Grup Tab Kosong Baru untuk memulai Grup Tab tanpa apa pun di dalamnya, atau Grup Tab Baru dari X Tab untuk memasukkan semua tab yang sedang Anda buka ke dalam Grup baru.
    Kiat pro: Anda juga dapat memilih Pribadi sebelumnya untuk memulai Grup Tab baru dalam Mode Penyamaran.
  4. Beri nama Grup Tab Anda, lalu ketuk Simpan .
  5. Grup baru akan muncul. Anda dapat beralih di antara Grup Tab dengan mengetuk lagi nama Grup di bagian bawah layar.

Untuk menghapus Grup Tab atau mengedit namanya, buka halaman Grup Tab dan geser ke kiri pada Grup yang ingin Anda ubah.

Semua Grup Tab Anda disinkronkan di seluruh perangkat Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya di iPhone dan iPad yang menjalankan iOS dan iPadOS 15 serta di Mac yang menjalankan macOS Monterey.

#4. Sesuaikan Halaman Awal Safari Anda

Safari lebih dapat disesuaikan di iOS 15‌, dan Anda dapat mengedit apa yang tersedia di halaman awal Anda. Saat Anda menyesuaikan halaman awal, Anda dapat memilih gambar latar belakang untuk digunakan, serta memilih bagian baru untuk ditampilkan di halaman awal. Bagian ini mencakup Favorit, Saran Siri, Daftar Bacaan, Laporan Privasi, dan lainnya. Dengan penyesuaian yang tepat, Anda pasti dapat membuat Safari di iPhone dan iPad terasa lebih seperti milik Anda sendiri.

Untuk menyesuaikan halaman awal Anda di Safari di iPhone:

  1. Buka aplikasi Safari di iPhone Anda.
  2. Jika Anda berada di laman web yang ada, tekan tombol Tab dan buka tab baru .
  3. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman awal dan tekan Edit .
  4. Jika Anda ingin menggunakan yang sama kustomisasi halaman awal di semua iPhone Anda, iPad, dan Mac, pastikan beralih untuk Gunakan Start Page pada Semua Perangkat diatur ke ON (hijau). Ini memastikan bahwa Anda memulai tampilan halaman dan pengaturan disinkronkan melalui iCloud.
  5. Anda akan disajikan dengan bagian untuk Favorit , Sering Dikunjungi , Dibagikan Dengan Anda , Laporan Privasi , Saran Siri , Daftar Bacaan , dan Tab iCloud . Ketuk sakelar untuk bagian yang ingin Anda tampilkan ke AKTIF (hijau).
  6. Jika Anda ingin mengatur ulang urutan kemunculan bagian-bagian ini, cukup seret-dan-lepaskan dengan pegangan ke dalam urutan yang Anda suka.

#5. Sembunyikan Alamat IP Anda Dari Pelacak di Safari

Di pengaturan Safari, Anda dapat menyesuaikan kemampuan untuk menyembunyikan alamat IP Anda, sehingga Anda dapat menjelajah dengan keamanan yang Anda inginkan.

Untuk menyembunyikan alamat IP Anda dari situs web dan pelacak di Safari di iPhone:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Safari .
  3. Gulir ke bawah, dan di bawah bagian “Privasi dan Keamanan” , tekan Sembunyikan alamat IP .
  4. Ketuk Dari Pelacak .

#6. Gunakan Teks Langsung di Safari

Jelas, Anda dapat memilih teks pada halaman web di Safari tanpa melakukan sesuatu yang istimewa. Tetapi dengan iOS 15, Anda juga dapat memilih teks dalam gambar.

Untuk menggunakan Teks Langsung di Safari:

Cukup tekan dan tahan pada gambar apa pun di halaman web hingga menu konteks muncul. Anda biasanya akan melihat opsi untuk Berbagi, Tambahkan ke Foto, atau Salin gambar. Tapi sekarang Anda akan melihat opsi tambahan: Tampilkan Teks .

Di Safari, tekan lama pada gambar untuk membuka menu konteks , lalu pilih Tampilkan Teks untuk masuk ke mode Teks Langsung.

Pilih opsi itu dan gambar akan difokuskan, dengan teks yang disorot. Anda kemudian dapat memilihnya saat Anda melakukan teks di aplikasi apa pun: dengan mengetuk dan menahan , lalu menyeret kotak pilihan di sekitar teks yang Anda inginkan. Sama seperti di aplikasi Kamera dan Foto, itu akan mengenali alamat, nomor telepon, dan alamat email.

#7. Pindahkan Bilah Pencarian Alamat Safari Kembali ke Atas

Salah satu perubahan di iOS 15 adalah bilah alamat dan tab sekarang berada di bagian bawah halaman saat menjelajah di Safari. Jika Anda tidak menyukai bilah alamat yang berada di bagian bawah layar, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat memindahkannya ke posisi semula di bagian atas, seperti di iOS 14.

Untuk Menempatkan Bilah Alamat di Atas Lagi di Safari di iOS 15:

  1. Mulai aplikasi Safari di iPhone‌ Anda.
  2. Ketuk ikon “aA” di sisi kiri bilah alamat.
  3. Ketuk Tampilkan Bilah Alamat Teratas di menu popup.

Anda juga dapat mengontrol perubahan desain ini di Pengaturan. Berikut caranya:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Safari
  3. Gulir ke Bawah dan Ketuk ‘Tab Tunggal’ sehingga ada tanda centang di bawahnya.

Saat berikutnya Anda membuka Safari di iOS 15, bilah alamat akan berada di atas.

#8. Lihat Semua Tautan Web yang Dibagikan Dengan Anda di Pesan

Tidak selalu mungkin untuk langsung melihat tautan yang dikirim seseorang kepada Anda. Dan bahkan jika Anda bisa, Anda mungkin ingin merujuk ke tautan itu lagi nanti. Harus menelusuri pesan Anda untuk menemukannya bukanlah hal yang menyenangkan.

Untungnya, Apple telah mengatasi masalah ini di iOS 15. Semua tautan yang dibagikan dengan Anda di dalam Pesan !secara otomatis dibundel bersama di bagian baru di dalam Safari, sehingga mudah ditemukan — bahkan beberapa hari kemudian.

Untuk Menemukan tautan bersama di dalam Safari di iOS 15:

Anda akan menemukan bagian baru Dibagikan dengan Anda hanya dengan membuka tab baru di Safari. Itu muncul di bagian paling atas halaman di iPhone. Untuk membuka tab baru, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Luncurkan aplikasi Safari di iPhone Anda.
  2. Selanjutnya, tab tombol Tab di sudut kanan bawah, lalu ketuk tombol plus .
  3. Secara default, Anda hanya akan melihat tautan terbaru yang telah dibagikan dengan Anda. Untuk melihat semuanya, ketuk tombol Tampilkan Semua . Ketuk tautan apa saja untuk langsung membukanya.
  4. Ketuk dan tahan tautan Dibagikan dengan Anda untuk melihat opsi tambahan, termasuk buka di latar belakang dan buka di grup tab. Anda dapat menggunakan tindakan ini untuk menghapus tautan dari bagian Dibagikan dengan Anda, dan untuk membalasnya di Pesan.

Jika Anda tidak melihat bagian Dibagikan dengan Anda, gulir ke bagian bawah Halaman Awal dan ketuk tombol Edit , lalu alihkan sakelar di sebelah Dibagikan dengan Anda untuk menyertakannya.

#9. Cari menggunakan suara Anda di iOS 15 Safari

Fitur pencarian suara baru Safari luar biasa. Untuk mencari menggunakan suara Anda di Safari, cukup ketuk di bilah alamat , ketuk ikon mikrofon , ucapkan kueri penelusuran, saat Anda selesai berbicara, pencarian dilakukan secara otomatis, tanpa Anda harus mengetuk atau mengetik apa pun. Ini sangat nyaman.

# 10. Kotak Tab

Di iOS 15‌, tab terbuka ditampilkan dalam tampilan kisi, bukan tumpukan kartu. Kisi membuatnya lebih mudah untuk melihat tab mana yang terbuka, ditambah Anda dapat mengetuk tombol tab (yang merupakan dua kotak yang tumpang tindih) untuk membuka antarmuka kisi yang menampilkan semua tab yang terbuka. Mengetuk “X” di sudut tab mana pun akan menutupnya.

#11. Memahami apa itu Bilah Tab Lansekap di Pengaturan Safari?

Di dalam Pengaturan Safari iOS 15, Anda akan melihat opsi yang disebut Bilah Tab Lansekap, yang diaktifkan secara default. Saat Anda menggunakan iPhone dalam mode lansekap dengan Safari, Anda akan melihat semua tab yang terbuka di bagian atas, seperti yang Anda lihat di browser komputer.

Saat Bilah Tab Lanskap mati, strip tipis ini menunjukkan tab terbuka Anda tidak tersedia.

Tip dan trik Safari iOS 15 favorit Anda?

Ini dia! Jadi, ini adalah tips dan trik Safari terbaik di iOS 15. Semoga panduan ini memperkenalkan Anda pada beberapa tips dan trik Safari iOS 15 yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Apa tips dan trik Safari iOS 15 favorit Anda? Berikan komentar dan beri tahu kami!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *