Cara Cek Izin Edar BPOM ditahun 2022

  • administrator
  • Jan 01, 2022
Cara Cek Izin Edar BPOM ditahun 2022

Banyak produk makanan, kosmetik dan obat-obatan yang ada di pasaran dapat dibeli oleh konsumen secara gratis. Namun, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara memverifikasi BPOM untuk lebih meningkatkan kegunaannya. Dengan mengambil langkah ini, konsumen terlindungi dari komposisi produk yang digunakan.

Apa itu BPOM?

Ada lembaga resmi pemerintah di Indonesia yang mengatur makanan dan obat-obatan. Tidak hanya itu, produk lain seperti kosmetik dan suplemen akan dipantau distribusinya oleh lembaga ini.

Di laman resminya, BPOM memberikan informasi resmi, produk-produk yang terdaftar di register resmi lembaga ini. BPOM juga berhak memantau dan menindak berbagai peredaran makanan dan obat-obatan, termasuk kosmetik, obat tradisional, makanan olahan, dan suplemen.

Kewenangan lembaga ini adalah menerbitkan izin untuk produk pangan dan farmasi. Ini diatur oleh hukum resmi, sehingga tindakan yang diambil oleh lembaga ini bersifat publik atas nama pemerintah.

Anda dapat menemukan cara mudah untuk menguji BPOM dengan memasukkan kategori seperti nomor registrasi, merek atau nama dagang di situs resmi lembaga ini. Selain itu, konsumen dapat dengan mudah memeriksa berdasarkan merek atau kombinasi.

Produk yang dapat diuji oleh BPOM

Konsumen dapat dengan mudah menemukan keselamatan dan keamanan. Khususnya untuk mengetahui komposisi atau bahan yang digunakan untuk menyiapkan makanan olahan, kosmetik dan obat-obatan. Apalagi produk sintetis tersebut tentunya tidak terlihat dari berbagai bahan yang dihasilkannya.

1. Makanan

Konsumen akan menemukan daftar resmi produk pangan yang mudah diproses jika mengetahui cara verifikasi BPOM. Belakangan ini, dengan meningkatnya persaingan, beberapa produk menjadi lebih murah.

Namun konsumen tidak perlu khawatir karena BPOM sudah nyaman dengan perlindungan ini, dengan mengecek BPOM mana yang paling sederhana. Oleh karena itu, konsumen diharapkan menahan diri untuk tidak membeli produk murah.

2. Obat-obatan

Selain makanan, ada obat-obatan yang harus didaftarkan ke BPOM. Obat ini termasuk campuran bahan kimia serta obat tradisional seperti jamu. Akhir-akhir ini banyak konsumen yang memilih obat tradisional gratis.

Namun, bukan berarti pengguna tidak bisa mengabaikan komposisi obat. Dengan layanan pengujian BPOM, siapa pun dapat melihat apakah obat tersebut memiliki nomor praregistrasi dan apa saja kandungannya.

3. Kosmetik

Pengalihan produk kosmetik dengan promosi yang menarik membuat konsumen lebih berhati-hati. Ini semacam fokus pemerintah, laman resmi BPOM melalui hosting cek kosmetik.

Berbagai jenis dan merek kosmetik yang resmi terdaftar dan berizin dari pemerintah pasti tercantum di website BPOM. Namun, konsumen harus berhati-hati karena produk tersebut mungkin mengandung zat berbahaya yang tidak direkomendasikan oleh para ahli dalam uji klinis.

4. Suplemen Kesehatan

Kondisi cuaca yang ekstrim dan penyebaran penyakit menjadi latar belakang terjadinya gangguan kesehatan. Hal ini juga harus diperhatikan oleh pengguna karena situs resmi BPOM memberikan kemudahan menyaring feed tambahan dengan atau tanpa izin edar.

5. Obat kuasi

Yang disebut obat bebas atau obat bebas harus terdaftar secara resmi di lembaga ini. Jika diperhatikan, ada banyak obat dengan efek farmakologis yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala ringan. Namun, ini tidak berarti bahwa konsumen cenderung mengabaikan distribusi.

Bagaimana verifikasi BPOM?

Fasilitas pemerintah yang diberikan melalui lembaga resmi ini tidak terlalu menyulitkan masyarakat. Dengan banyaknya orang yang terkoneksi dengan internet, website resmi lembaga ini dapat digunakan oleh siapa saja dan kapan saja. Padahal, otentikasi hanya bisa dilakukan di casing smartphone.

1. Masuk ke situs resmi

Satu-satunya cara untuk menguji suatu produk adalah dengan mengunjungi situs resmi yang dapat diakses melalui browser. Berikut beberapa langkah mudah untuk mengecek nomor registrasi produk.

● Masuk ke situs web. Pertama, konsumen harus terlebih dahulu mengunjungi situs resmi lembaga ini pom.go.id, dan cara tes BPOM ada di Cekbpom.pom.go.id.

● Klik Cari. Pengguna dapat mencari berdasarkan kategori yang berbeda dengan mengklik drop-down di bidang pencarian. Ada 7 kategori pencarian yang dipilih berdasarkan nama merek, nomor registrasi, ukuran dan kemasan, nama merek, nama pelanggan, bentuk ukuran dan komposisi.

● Kata kunci. Konsumen harus memasukkan kata kunci berdasarkan produk yang disempurnakan. Tentukan kategori pencarian dan masukkan kata kunci dalam kategori tersebut.

● Klik Cari. Lanjutkan dengan mengklik “Search”, maka secara otomatis situs ini akan menampilkan semua data yang diminta berdasarkan kata kunci.

Pengguna harus berhati-hati jika suatu produk tidak ditemukan untuk digunakan pada halaman ini. Karena dipastikan produk tersebut tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM. Dengan kata lain, tidak ada perlindungan bagi konsumen mengenai komposisi produk.

2. Cara verifikasi BPOM melalui aplikasi

Selain menggunakan browser, konsumen dapat menggunakan gadgetnya untuk memverifikasi izin edar makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Belakangan ini, smartphone telah menjadi milik dan kebutuhan sebagian besar orang. Kompleksitas teknologi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai perlindungan konsumen dengan cara sebagai berikut.

● Unduh aplikasi. Hal pertama yang dapat dilakukan konsumen adalah mengunduh aplikasi Cek BPOM untuk pengguna iOS dari Play Store atau App Store.

● Masuk aplikasi. Jika sudah terinstal di smartphone, akses aplikasi dan pergi ke halaman utama.

● Semua produk. Anda dapat melihat menu “Semua Produk” di halaman utama aplikasi. Klik menu untuk melanjutkan proses pencarian.

● Temukan kategori. Browser sama dengan mencari, dan konsumen ditanya kategori mana yang harus diperiksa saat menggunakan aplikasi.

● Kata kunci. Setelah Anda memilih kategori yang akan diuji, masukkan kata kunci berdasarkan makanan, obat-obatan atau kosmetik yang diuji.

● Lihat detailnya. Terakhir, aplikasi ini menampilkan daftar produk yang terdaftar di BPOM sebagai panduan. Pastikan produk yang akan digunakan sudah masuk dalam daftar.

Jika suatu produk tidak terdaftar atau tidak memiliki izin edar, maka akan ada keterangan “Data tidak ditemukan”. Pastikan konsumen memasukkan kategori dan kata kunci yang benar. Jika semua tindakan benar, produk mungkin tidak terdaftar dan pengguna harus berhati-hati.

Cara termudah untuk menguji BPOM secara online adalah dengan berjanji kepada pemerintah untuk memfasilitasi dan melindungi penduduk dari penggunaan makanan dan obat-obatan. Kemudahan dalam mendirikan usaha produk, terkadang disalahgunakan dengan mendistribusikan produk tanpa izin edar resmi. Jadi cara ini merupakan tindakan preventif.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cek izin edar bpom

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *