Berikut Link cekbansos.kemensos.go.id Penerima PKH & BPNT akan Cair Januari 2022

  • administrator
  • Jan 07, 2022
Penerima PKH & BPNT akan Cair Januari 2022

Pemerintah akan terus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak epidemi CVD-19 pada tahun 2022. Pagu anggaran bansos tahun ini Rp. 78,25 triliun. Anggaran yang dialokasikan untuk bantuan sosial sebesar Rp 74,08 triliun (94,67%).

Mengacu pada halaman Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Bantuan Sosial terbagi menjadi bantuan sosial reguler dan bantuan darurat. Program bantuan sosial reguler meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) dan program nonprofit BPNT/Sembako. Sementara itu, bantuan tunai darurat akan diwujudkan dalam bentuk bantuan tunai (BST).

Program bantuan sosial secara berkala dijalankan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan. Program PKH atau BPNT/Sembako akan tetap memberikan bantuan sosial secara berkala meskipun tidak terjadi wabah. Karena bansos ini merupakan langkah untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Menteri Sosial Trie Rismahariini mengatakan jumlah pengguna program BPNT/Sembako akan mencapai 24,7 juta rumah tangga pada tahun 2022. Pasalnya, ada tambahan 5,9 juta keluarga KPM yang direncanakan dari daerah. Tersebut Diantara, Program KPM BPNT / Sembako Jumlah Hingga 18,8 Juta Keluarga dengan Bantuan Bulanan $200.000.

Sebutkan halaman di sisi lain Kementerian Sosial, Bantuan sosial khusus berupa BST bukan merupakan program permanen. Pada masa epidemi CVD-19, waktu BST digunakan untuk mendukung kebijakan PPKM karena tingginya prevalensi virus kolera. Biaya bansos BST sebesar Rp 300.000 per bulan/keluarga.

IKLAN. Pada tahun 2021, bantuan sosial disalurkan selama empat bulan sekaligus. Siaran pertama berlangsung pada Januari-April 2021. Mengenai pemberian Bantuan Sosial Pratama tahun 2022 yang dibayarkan pada bulan Januari, kami masih menunggu informasi terbaru dari pemerintah.

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos

Kemensos menyediakan laman khusus untuk menyaring pengguna bansos. Situs yang digunakan adalah https://cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman tersebut menampilkan formulir online untuk mengisi beberapa data input, mempermudah pencarian. Informasi utama yang diperlukan adalah lokasi pengguna dan nama pengguna. Langkah-langkah mengakses informasi pengguna media sosial adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi posko pengguna bansos di https://cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data Negara Bagian, Kecamatan, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan username (PM) seperti yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan 8 huruf kode huruf (dipisahkan dengan spasi) yang tertera pada kotak kode. Jika font kode tidak jelas, klik ikon lingkaran “captcha” untuk mendapatkan font kode baru.
  5. Klik tombol “Cari Data”.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *