Cek Daftar Penerima Bansos 2022 Dan Cara Resmi Mendaftarnya

  • administrator
  • Jan 07, 2022
Cek Daftar Penerima Bansos 2022 Dan Cara Resmi Mendaftarnya

Kementerian Sosial saat ini sedang menyiapkan aplikasi bagi masyarakat yang berhak mendapatkan dana bansos. Pasalnya, dana bantuan tersebut belum tepat sasaran dan belum tersalurkan dengan baik kepada orang yang tepat.

Kementerian menambahkan fitur baru: Sanggahan dan Usulan. Dengan fitur terbaru ini, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi yang akurat mengenai penyaluran dana bansos.

Fitur terbaru ini menjadi jawaban dari akar permasalahan permasalahan data penerima bansos. Termasuk orang-orang yang tidak berhak atas bantuan sosial tetapi menerima bantuan sosial atau orang-orang yang berhak tetapi termasuk dalam informasi penerima.

Cara dia ingin mendapatkan bansos atau mengecek nama penerima bansos sangat sederhana, hanya dengan mengunduh “Cek Aplikasi Bantuan Sosial” oleh Kementerian Sosial. Itu akan dilakukan sesuai dengan Instagram resmi dari @kemensosri

Baca juga – Cara Cek Penerima Bansos PKH Per Januari 2022, Hanya Klik cekbansos.kemensos.go.id

1. Download Aplikasi Cek Bansos dari Play Store

Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah dengan mengetik “Aplikasi Cek Bansos” di Play Store dan kemudian aplikasi akan diunduh.

2. Pendaftaran

Setelah berhasil menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah mendaftar. Pasalnya, aplikasi dari Kementerian Sosial ini hanya bisa didapatkan dengan user ID yang valid. Kemudian siapkan nomor KK (kartu keluarga), NIK (nomor inti KTP) dan KTP serta sertakan email pada saat proses pendaftaran.

Baca Juga – Berikut Link cekbansos.kemensos.go.id Penerima PKH & BPNT akan Cair Januari 2022

Nantinya kamu akan diminta untuk selfie dengan KTP kamu untuk verifikasi administrasi. Anda kemudian akan menerima kode OTP yang dikirim ke email yang terdaftar.

3. Opsi menu

Setelah proses registrasi anda akan diarahkan ke menu utama. Jika Anda ingin memverifikasi bahwa nama Anda terdaftar sebagai penerima bansos, Anda dapat memeriksanya di menu Cek Bansos dan pilih “Daftar Saran” jika belum terdaftar.

Akun yang terdaftar di aplikasi bisa mendaftarkan anggota keluarga lain maupun dirinya sendiri atau langsung, lalu pilih menu “Pilih Jenis Bantuan Sosial”.

Baca Juga – Berikut Syarat-Syarat Yang Musti Diketahui Saat Daftar Bantuan BLT UMKM tahun 2022

Berhasil menyampaikan informasi, nama, NIK dan status yang sesuai sesuai usulan dari Dukapil dan daerah dalam KK (Kartu Keluarga)

4. Masukkan data pribadi

Langkah selanjutnya pilih menu “Cek Bansos”.

5. Hasil pencarian data

Setelah memasukkan data pribadi di menu pencarian di aplikasi ini, mereka akan diarahkan kepada Anda.

Baca juga – Inilah Jadwal Bansos PKH Kemensos Kapan Cair di tahun 2022

  • propinsi
  • Kabupaten / Kota
  • distrik
  • Desa
  • Nama
  • Usia
  • Kondisi dana bansos yang diterima

Halaman ini memberikan informasi tentang jenis dana bansos yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan bantuan dari program BST, BNPT atau PKH. Jika Anda termasuk penerima bansos, akan tiba saatnya.

6. Menu lain

Aplikasi ini oleh Kemensos melihat menu lainnya, seperti Menu Profil, Bansos dan Kualifikasi.

Baca juga – Presiden Dan Kemensos Minta Warga Yang Masih Belum Dapatkan Bansos Segera Lapor, Caranya Cek Disini

Menu home yang muncul adalah menu Profile. Berisi nama pengguna dan profil bantuan apa yang dapat diterima. Ada juga menu Family Profile yang menampilkan daftar anggota keluarga yang terdaftar.

Menu selanjutnya berisi menu Cek Bansos.

Terdapat pula menu “feasibility response” yang memberikan informasi tentang kelayakan pengguna karena akan langsung merespon sistem Kementerian Sosial setelah memberikan alasan yang valid.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *