Android Vs IPhone: Mana Yang Harus Dibeli?

  • administrator
  • Feb 14, 2022
Android Vs IPhone: Mana Yang Harus Dibeli?

Saatnya membeli smartphone baru dan Anda sedang memikirkan opsi untuk beralih dari iPhone ke Android atau sebaliknya. Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan, dan di sini, di postingan Android vs iPhone ini, kami akan memberi Anda beberapa jawaban dengan membandingkan esensi keduanya. Ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda harus beralih dari satu opsi ke opsi lain, atau tetap berpegang pada apa yang Anda kenal.

Harga bukan satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan. Ada banyak hal lain, termasuk OS, kustomisasi, aplikasi, dan banyak lagi. Tanpa basa-basi lagi, mari kita beralih ke perbandingan.

Android vs iPhone: Antarmuka pengguna

Banyak orang membandingkan Android dan iOS, dan tidak ada cara untuk mengesampingkan OS mana yang lebih baik. Mengapa? Karena ini sangat subjektif. Tidak peduli berapa banyak fakta yang diberikan seseorang untuk mendukung salah satu dari ini, itu tidak akan berhasil jika Anda tidak menyukainya.

Namun, tidak semua orang mengetahui perbedaan antara kedua OS ini. Antarmuka pengguna pada Android dan iPhone memiliki desain yang tampak bagus, mudah dinavigasi dan dipahami.

Anda akan melihat satu perbedaan utama. Di iPhone, versi iOS tertentu, katakanlah iOS 10 terlihat sama di semua perangkat iOS. Semuanya dikelola oleh Apple. Jadi tidak masalah jika Anda memiliki iPhone 4s atau iPhone 7, iOS 10 akan terlihat sama dan memiliki fitur yang sama.

Ketika datang ke Android, ceritanya benar-benar berbeda. Antarmuka di sana tidak terlihat atau terasa sama di semua perangkat. Mengapa? Semakin banyak perangkat yang tidak menjalankan Android stok. Itu karena ada banyak produsen Android di luar sana, dan kebanyakan dari mereka menambahkan antarmuka mereka sendiri sebagai tambahan.

Ada banyak variasi antarmuka pengguna di Android, jadi ketika Anda membandingkan dua perangkat dari dua pabrikan, Anda akan melihat banyak perbedaan. Menu pengaturan di satu perangkat mungkin memiliki opsi yang lebih sedikit atau lebih banyak daripada menu pengaturan di perangkat lain meskipun keduanya adalah Android. Jadi, setiap telepon bekerja sedikit berbeda.

Android vs iPhone: Pembaruan perangkat lunak

Bagaimana dengan pembaruan perangkat lunak? Kami tahu betapa pentingnya ini. Setiap pembaruan membawa sesuatu yang baru, mulai dari peningkatan fitur dan keamanan. Selain itu, mereka menyertakan perbaikan bug.

Apple sering memperkenalkan ini. Hingga iOS 11, Anda bisa mendapatkan versi terbaru meskipun Anda memiliki model iPhone yang lebih lama. Tetapi hal-hal akan berbeda dalam fitur. Itu karena Apple memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk perangkat 32-bit, sehingga daftar perangkat yang kompatibel dengan iOS 11 sedikit lebih pendek. Misalnya, iPhone 5 dan iPhone 5c tidak lagi didukung.

Di sisi lain, ponsel Nexus dan Pixel adalah yang selalu mendapatkan versi perangkat lunak terbaru. Tidak hanya itu, perangkat ini mendapatkannya lebih dulu dan sangat cepat. Jika Anda tidak memiliki salah satunya, Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkan versi terbaru, bahkan jika Anda membeli ponsel Anda setahun yang lalu. Itu semua tergantung pada operator dan produsen ponsel.

Android vs iPhone: Kustomisasi

Jika Anda mencari perangkat yang sangat dapat disesuaikan, maka Anda harus mendapatkan Android. Ini memiliki pengaruh besar atas iPhone di departemen ini. Anda dapat mengubah hampir semua hal. Tidak suka wallpaper hidup? Ubahlah. Dengan beberapa ketukan, Anda dapat mengatur pengaturan cepat sesuai keinginan. Anda dapat menginstal peluncur rumah yang berbeda, keyboard, hampir semuanya, termasuk ROM khusus.

Jika Anda mendapatkan iPhone, ini tidak akan mungkin. Apple mengendalikan semuanya, jadi tentu saja iPhone tidak sefleksibel ponsel Android. Salah satu alasan mengapa pengguna iPhone sangat tertarik dengan iOS 11 adalah karena ia membawa opsi untuk menyesuaikan pusat kendali . Orang-orang menyukai penyesuaian dan fleksibilitas dan itu adalah sesuatu yang iPhone lewatkan.

Android vs iPhone: Penyimpanan

Jika Anda ingin memiliki perangkat dengan opsi penyimpanan yang dapat diperluas, Anda harus memilih Android. Penyimpanan yang dapat diperluas tersedia di sebagian besar perangkat. Jika Anda ingin penyimpanan ekstra, yang Anda butuhkan hanyalah mendapatkan kartu microSD dan Anda siap menggunakannya.

Android vs iPhone

Banyak model iPhone datang dengan jumlah penyimpanan yang besar, katakanlah 128 GB, tetapi jika Anda menginginkan opsi ini, Anda akan dikenakan biaya lebih. Jika suatu saat Anda ingin menambahkan sedikit tambahan karena apa yang Anda miliki tidak cukup, tidak ada cara untuk melakukannya. Anda harus tetap menggunakan jumlah penyimpanan yang Anda pilih saat membeli ponsel.

Bagi banyak orang, ini adalah kelemahan. Tidak ada yang aneh mengingat fakta bahwa jumlah aplikasi yang kami instal terus meningkat. Plus, kami membuat banyak foto dan video, dan kami memiliki banyak file. Secara alami, kita membutuhkan ruang yang cukup untuk menyimpan semuanya.

Android vs iPhone: Aplikasi

Beberapa tahun yang lalu, iPhone adalah pemimpin di departemen aplikasi. Banyak aplikasi melihat cahaya hari pertama di Apple Store. Dan pengguna Android harus menunggu hingga aplikasi yang sama tersedia di Google Play Store. Ini telah berubah, dan Anda dapat menemukan aplikasi yang sama di kedua toko aplikasi secara bersamaan. Mungkin ada beberapa pengecualian, tetapi tidak ada lagi penantian.

Android vs iPhone

Ketika datang ke sejumlah aplikasi, jangan khawatir. Apa pun ponsel yang Anda putuskan untuk dibeli, kedua toko dipenuhi dengan semua jenis aplikasi, gratis dan berbayar. Semua aplikasi paling populer tersedia untuk kedua platform, jadi jangan khawatir tentang itu.

Android vs iPhone: Asisten

Asisten suara adalah suatu hal saat ini. iPhone memiliki Siri, ponsel Android memiliki Google Now. Siri dapat melakukan banyak hal untuk Anda, seperti menemukan restoran yang bagus, mengirim email atau pesan teks, dan banyak lagi.

Dengan iOS 11, Siri akan memiliki suara yang lebih alami, akan lebih membantu dan di samping itu, akan dapat menerjemahkan. Ada juga opsi baru, Ketik ke Siri. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengetik alih-alih berbicara ketika mereka ingin menanyakan sesuatu secara pribadi.

Android tidak ketinggalan. Google Now memenuhi harapan sebagai asisten suara pre-emptive dan prediktif. Anda dapat membiarkannya mengumpulkan data, dan jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan beberapa saran bagus.

Jika kebetulan Anda lebih suka Cortana, asisten virtual di Windows 10 dan ponsel Windows, Anda dapat menginstalnya di Android dan iOS. Terlebih lagi, Anda dapat mengaturnya sebagai asisten virtual default di Android . Perlu diingat bahwa Cortana untuk Android tidak kompatibel dengan semua perangkat.

 

Android vs iPhone: Keamanan

Hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah keamanannya. Anda ingin menghindari malware dan Anda tentu ingin mencegah peretas mengakses informasi dan data pribadi Anda .

Dengan setiap pembaruan perangkat lunak, Apple menghadirkan peningkatan keamanan dan seperti yang telah kami sebutkan, perusahaan mengontrol semuanya, termasuk aplikasi default. Yang terpenting, semua data dienkripsi dan untuk mengaksesnya, Anda memerlukan kode sandi.

Android sekarang lebih aman juga, tetapi tetap saja, mereka rentan terhadap malware dan virus. Untuk menghindari ini, unduh aplikasi hanya dari Google Play Store, dan hindari sumber lain.

Perangkat Android juga lebih rentan terhadap serangan hacker. Jadi, jika Anda mencari ponsel tempat Anda akan menyimpan file penting, terutama untuk pekerjaan Anda, iPhone mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Android vs iPhone: Pilihan ponsel

Jika Anda memilih iPhone, Anda tidak akan memiliki banyak pilihan. Membeli model lama, seperti iPhone 5 atau iPhone 5c berarti Anda tidak akan dapat menginstal iOS 11. Ada iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Dalam beberapa bulan, Apple akan memperkenalkan model baru juga.

Android memiliki banyak pilihan ponsel, karena ada banyak produsen di luar sana. Anda dapat memilih beberapa yang baru, kuat, tetapi mahal, seperti Samsung Galaxy S8 atau S8 Plus , LG G6, atau Huawei Mate 9.

Android vs iPhone

Namun, jika Anda mencari sesuatu yang lebih murah, ada banyak perangkat yang tersedia di bawah $100 dan berfungsi dengan baik.

Desain adalah sesuatu yang tidak boleh kita diskusikan. Itu semua sepenuhnya subjektif, dan setiap orang mendefinisikan kecantikan secara berbeda. Bagi sebagian orang, iPhone adalah sinonim untuk desain dan gaya yang mengagumkan, sementara yang lain tidak berpikir seperti itu.

Android vs iPhone: Harganya

Sekarang, harganya. Jika Anda menginginkan salah satu iPhone terbaru, bersiaplah untuk menghabiskan lebih dari $650. Harganya bervariasi, dan itu tergantung pada kapasitas penyimpanan. Mari kita ambil iPhone 7 sebagai contoh. Kalau mau yang 32 GB harganya $649, untuk 128 GB seharga $749, dan kalau mau 256 GB harus merogoh kocek $849.

Android vs iPhone

Ada banyak ponsel Android kelas atas yang harganya sangat mahal, seperti yang kami sebutkan di atas. Tentu saja, jika Anda tidak menginginkan ponsel yang tidak terkunci, Anda dapat mencari penawaran operator.

Jika Anda menginginkan ponsel yang terjangkau, Android adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ada banyak ponsel kelas menengah dengan fitur dan desain hebat yang jauh dari kata mahal. Jadi, jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk sebuah smartphone, pertimbangkan salah satu dari banyak ponsel Android murah.

Kesimpulan

Kami tidak dapat memberi tahu Anda mana yang lebih baik. Tapi, kami melakukan sesuatu yang kami bisa, kami telah membuat daftar perbedaan utama antara iPhone dan Android. Ini dapat membantu Anda memutuskan mana yang akan dibeli. Pada akhirnya, ini semua tentang keinginan dan preferensi pribadi Anda. Kami harap Anda sekarang memiliki jawaban untuk pertanyaan pamungkas Haruskah saya mendapatkan iPhone atau Android? Selamat berbelanja!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *