Liburan Sekaligus Mengenang Sejarah Kelam Pulau Kelor

  • administrator
  • Dec 30, 2022
Liburan Sekaligus Mengenang Sejarah Kelam Pulau Kelor

Liburan Sekaligus Mengenang Sejarah Kelam Pulau Kelor

Tiap orang pastinya punya tujuan yang berbeda saat merencanakan liburan. Mungkin ada yang ingin berlibur ke daerah pantai, dan ada juga yang ingin mengunjungi tempat sejarah. Jika Anda adalah salah satu terakhir, berarti Anda kerap menelusuri lokasi sejarah yang membekas di masa lalu. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Kelor, Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu selalu menyuguhkan panorama yang indah, mulai dari pantainya yang bersih dan tenang hingga suasana yang tenang yang sering kali disembunyikan di sela-sela gunung. Tulisan Purba Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Kelor

Tentang Pulau Kelor

Pulau Kelor terletak jauh di utara Kepulauan Seribu, tepatnya di Laut Jakarta sekitar 45 km. Hal yang istimewa dari Pulau Kelor adalah letaknya yang diapit oleh berbagai pulau lainnya dan tidak memiliki pesisir pantai. Ini juga yang membuat Pulau Kelor begitu menarik untuk dijelajahi.

Air sekitar pulau ini sangat terjaga kebersihannya, sehingga menjadi tempat yang terlihat hijau dan asri. Di tengah Melati, mudah untuk menemukan batu-batu karang, dan di bagian luar ada merpati, kerang, dan ikan-ikan lainnya. Ketika Anda tiba di pulau ini, Anda akan langsung menyadari betapa indahnya tempat ini, karena sayap merah-cokelat burung camar terbang menari di langit malam.

Kelam Sejarah Pulau Kelor

Namun, yang paling menarik dari Pulau Kelor adalah sejarahnya. Menurut legenda, 3 pendatang di Kepulauan Seribu yang datang dari Cina, India, dan Arab dibunuh ayah Raja Mataram. Mereka meninggalkan istana Mataram dan berlindung di Pulau Kelor. Dengan begitu, pulau ini dianggap sebagai tempat kediaman Raja Mataram dan disebut sebagai Pulau Istana. Di pulau ini, Raja Mataram punya hak otonomi tanpa campur tangan siapa pun dan terus menikmati kekuasaan sejak abad ke-14 hingga abad ke-17.

Di Pulau Kelor, Raja Mataram bisa menikmati kehadiran Batu Keramat, di mana empat patung Yon (dara titisan dewa) berdiri tegak di sekitarnya. Keempat patung Yon bertubuh manusia dengan kepala hewan, masing-masing berwujud singa, rusa, harimau dan monyet. Di bawah batu tersebut juga terdapat tiga lubang kecil, di mana penduduk lokal meyakininya sebagai tempat suci.

Keunikan Pulau

Ketika berwisata di Pulau Kelor, ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati di sini, di antaranya:

  • Pulau madu – Pulau ini terkenal dengan madu lebah lebah asli yang sangat manis dan menggoda.
  • Pemandangan laut – Di ujung Pulau Kelor terdapat sebuah tebing yang diapit oleh lautan biru. Sesekali Anda bisa melihat sinar matahari terbenam yang sangat memukau.
  • Snorkeling – Laut di sekitar Pulau Kelor sangat jernih. Anda bisa menyusuri corak pemandangan bawah lautnya yang kaya dan indah.
  • Batu Keramat – Pergilah menuju tengah pulau dan temukan batu karang yang penuh misteri dan tak pernah lelah menjadi motivasi dalam sejarah Pulau Kelor.

Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Pulau Kelor. Liburan ke sini bisa jadi cara yang menyenangkan untuk merencanakan masa lalu. Liburan ini bisa menjadi kenangan yang berharga dan akan membuat Anda semakin mencintai keindahan alam Indonesia.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *