fbpx
10 Langkah Cara Memformat Ulang Komputer Menggunakan FlashDisk
Image Source : https://paksulthon.com/

10 Langkah Cara Memformat Ulang Komputer Menggunakan FlashDisk

Memformat ulang komputer dapat dilakukan dengan mudah hanya dalam beberapa klik. Namun, ada beberapa contoh bahwa disk penginstal Anda tidak dapat dikenali atau tidak dapat dibaca dari drive disk. Ada juga beberapa kasus seperti drive CD atau DVD rusak atau komputer atau laptop Anda tidak memiliki drive Disk. Situasi seperti itu benar-benar menjengkelkan karena Anda tidak akan dapat memformat ulang komputer Anda menggunakan CD yang dapat di-boot. Namun, ada solusi yang baik untuk masalah itu dan ini menggunakan USB flash drive untuk memformat ulang komputer.

Format komputer
Image Source : technobezz.com

Proses memformat ulang komputer menggunakan USB Flash Drive dijelaskan di sini dalam panduan langkah demi langkah.

Langkah-langkah untuk memformat ulang komputer menggunakan USB flash drive

Langkah 1

Instal Alat Format Penyimpanan Disk USB di komputer Anda. Selanjutnya, buat USB flash drive yang memiliki boot sector. Masukkan flash drive USB kosong dan jalankan Alat Format Penyimpanan Disk USB HP.

Langkah 2

Pada platform alat format di bagian tab Perangkat, pilih flash drive yang ingin Anda buat bootable. Pastikan bahwa itu adalah perangkat yang tepat. Ini memudahkan untuk memformat ulang komputer menggunakan USB flash drive.

Ubah disk penyimpanan USB Anda menjadi disk USB yang dapat di-boot. Untuk melakukannya, Anda harus mengosongkan flash drive Anda. Anda juga memerlukan file MS-DOS Windows 98 dan Alat Format Penyimpanan Disk USB HP .

Langkah 3

Untuk memformat ulang komputer menggunakan flash drive USB, unduh file sistem MS-DOS Windows 98 ATAU tautan ini. Ini benar-benar gratis untuk diunduh.

Setelah mengunduh, ekstrak file zip ke folder yang dapat Anda jelajahi dengan mudah.

Langkah 4

Unduh Alat Format Penyimpanan Disk USB HP . Perangkat lunak ini benar-benar gratis untuk diunduh.

👉 TRENDING  Cara Memperbaiki Keyboard MacBook Trackpad yang tidak Bisa di Klik

Langkah 5

Masuk ke tab File System, ubah setting menjadi FAT 32.

Di bawah Opsi Format, centang opsi Buat disk startup DOS. Selanjutnya, klik tombol “…” untuk menelusuri folder tempat Anda mengekstrak file Windows 98 MS-DOS tadi. Pilih foldernya dan klik OK.

Langkah 6

Pada alat format, klik tombol MULAI. Pesan pop-up akan meminta Anda sebelum melanjutkan bahwa data pada drive akan hilang. Setuju untuk melanjutkan. Secara instan, USB flash drive Anda yang dapat di-boot akan siap. Anda sekarang dapat memformat ulang komputer menggunakan USB flash drive. Memformat ulang komputer tanpa disk.

Format menggunakan USB
Image Source : youtube.com

Langkah 7

Mulai format ulang netbook, laptop, atau komputer desktop Anda menggunakan drive USB yang dapat di-boot. Sebelum menyalakan komputer, colokkan USB bootable Anda terlebih dahulu dan kemudian hidupkan komputer Anda.

Langkah 8

Saat tampilan layar dimulai, tekan Del atau F2 atau F10 untuk menampilkan pengaturan BIOS. Buka menu Boot untuk mengubah urutan Boot. Jadikan USB flashdisk berada pada urutan booting pertama.

Langkah 9

Tekan F10 pada keyboard untuk menyimpan perubahan.
Saat komputer dihidupkan ulang, klik enter saat diminta untuk boot dari flash drive USB atau tunggu hingga flash drive dimuat secara otomatis.

Langkah 10

Jika Anda telah membuat penginstal Windows 7 pada flash drive yang dapat di-boot, penginstalan akan dimulai secara otomatis. Instalasi akan memakan waktu beberapa menit. Tunggu hingga penginstalan selesai. Dan itu saja.