Cara Memperbaiki Samsung Galaxy S21 5G Yang Tidak Mau Hidup
Image Souce : tekno.kompas.com

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy S21 5G Mati Total

Memiliki ponsel yang kuat seperti Samsung Galaxy S21 5G dan melihatnya tidak mau hidup bisa sangat membuat stres. Kami tidak berharap bahwa ponsel semahal dan kaya fitur seperti ini akan berperilaku buruk dan bertingkah aneh, tapi ya, itu bisa terjadi juga. Jika perangkat Anda tidak menyala, coba tips yang akan Anda temukan di bawah ini. Mereka seharusnya membantu Anda menggerakkan sesuatu dan menghidupkan telepon Anda. Jika tidak ada yang terjadi, itu mungkin masalah perangkat keras, dan Anda harus meminta bantuan pusat Samsung.

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy S21 5G Yang Tidak Mau Hidup

Berurusan dengan telepon yang tidak mau hidup sama sekali tidak menyenangkan, terutama jika telepon berfungsi dengan baik sampai saat ini. Firmware crash tiba-tiba dapat menyebabkan masalah hampir sepanjang waktu, dan jika itu masalahnya, Anda akan memperbaiki semuanya hanya dengan melakukan reboot paksa. Masalah lain mungkin daya yang tidak mencukupi. Jika bukan itu, maka telepon memiliki beberapa masalah perangkat keras.

Mengisi & Memaksa Reboot

Seperti yang disebutkan, Anda perlu memastikan bahwa perangkat Anda memiliki daya yang cukup. Biarkan mengisi daya selama 10-15 menit, dan di sepanjang jalan, periksa pengisi daya, kabel, dan port untuk tanda-tanda kerusakan. Jika port kotor atau ada kotoran atau apa pun, bersihkan. Coba hidupkan kembali ponsel.

Jika telepon tidak menyala, lakukan reboot paksa. Tekan dan tahan tombol Daya dan Volume turun secara bersamaan, dan terus tahan keduanya hingga Anda melihat logo Samsung di layar. Lepaskan tombol.

Jika Anda tidak dapat melakukan reboot paksa, sambungkan ponsel Anda ke pengisi dayanya, biarkan selama 10-15 menit. Kemudian, coba paksa reboot sekali lagi saat smartphone masih terhubung ke pengisi dayanya.

👉 TRENDING  Spesifikasi, fitur, dan render GoPro Hero 10 Black Terungkap

Reset pabrik

Ini hal lain untuk dicoba, tetapi Anda harus berhati-hati dengan reset data pabrik. Semua data yang tidak dicadangkan akan dihapus. Dan seperti yang Anda tahu, semua pengaturan akan kembali ke default pabrik. Lakukan ini hanya jika Anda baik-baik saja dengan kehilangan data yang sebelumnya tidak Anda simpan.

Dan, tentu saja, karena Anda tidak dapat menghidupkan telepon, Anda harus melakukan reset pabrik menggunakan tombol perangkat keras. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol Volume naik secara bersamaan
  2. Smartphone akan bergetar
  3. Selanjutnya, layar pemulihan Android akan muncul, dan ketika dilepaskan, tombol-tombolnya.
  4. Pilih opsi “Wipe Data/Factory reset” dengan tombol Volume
  5. Tekan tombol Samping untuk mengonfirmasi tindakan
  6. Sekali lagi, gunakan tombol Volume untuk memilih opsi Ya
  7. Lanjutkan dengan menekan tombol samping
  8. Anda harus menunggu hingga pengaturan ulang pabrik selesai
  9. Langkah terakhir adalah memilih opsi “Reboot System Now.”

Mudah-mudahan, Anda akan melakukan reset data pabrik dengan sukses, dan telepon Anda akan boot. Jika itu tidak terjadi, sekarang saatnya untuk perbaikan.