fbpx
Cara Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat secara Bersamaan?

Cara Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat secara Bersamaan?

WhatsApp telah mulai menerapkan fitur multi-perangkatnya yang memungkinkan Anda menggunakan akun WhatsApp yang sama di beberapa perangkat tanpa harus membawa ponsel cerdas Anda. Kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukannya dalam tutorial ini.

Menggunakan WhatsApp di beberapa perangkat (seperti di ponsel cerdas dan tablet Anda) tetap menjadi urusan yang rumit, bahkan di tahun 2021. Namun, aplikasi pesan instan memang menawarkan tingkat fleksibilitas dalam versi beta terakhirnya dengan diperkenalkannya fungsi multi-perangkat.

WhatsApp multi-perangkat: Apa itu, dan untuk apa?

Beta multi-perangkat WhatsApp memungkinkan Anda untuk menggunakannya di web, macOS, Windows, atau bahkan versi Portal aplikasi di hingga empat perangkat tambahan tanpa harus tetap masuk ke ponsel cerdas utama Anda.

Intinya, ini hanyalah masalah menghubungkan beberapa perangkat seperti PC atau tablet ke akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web atau Desktop. Satu-satunya perbedaan? Sesi Anda tidak akan kedaluwarsa jika ponsel cerdas utama Anda menutup WhatsApp atau terputus dari aplikasi.

Fitur ini dapat berguna jika ponsel cerdas utama Anda kehabisan baterai atau Anda tidak sengaja menutup WhatsApp.

Bagaimana cara mengaktifkan fungsi multi-perangkat di WhatsApp?

Anda dapat menambahkan hingga 4 perangkat tambahan selain dari ponsel cerdas utama Anda jika Anda memiliki fungsi yang tersedia dalam versi beta. Ini berarti memiliki hingga 5 perangkat secara bersamaan menggunakan akun yang sama. Untuk mengaktifkan fungsi multi-perangkat di WhatsApp:

  1. Buka Settings.
  2. Buka Linked devices.
  3. Pilih Multi-device beta. Jika opsi ini tidak muncul, berarti akun Anda belum menawarkan fitur ini.
  4. Pilih Join beta dan Anda siap melakukannya!

Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat

Itu dia, Anda telah mengaktifkan fungsi multi-perangkat. Prosesnya persis sama di iOS seperti di Android.

Bagaimana cara kerja multi-perangkat di WhatsApp?

Setelah diaktifkan, fungsi multi-perangkat bekerja dengan cara yang persis sama seperti menghubungkan ke WhatsApp Web di perangkat PC atau tablet.

👉 TRENDING  7 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Tahun 2021

Satu-satunya perbedaan utama adalah ini: Anda tidak perlu tetap masuk di ponsel cerdas utama Anda untuk terus menggunakan WhatsApp di perangkat Anda yang lain. Sebelumnya, saat Anda logout atau menutup WhatsApp, sesi web dan desktop juga akan kedaluwarsa. Ini tidak lagi terjadi di sini.

  1. Buka Settings, diikuti oleh Linked devices .
  2. Pilih Link a device .
  3. Pindai QR code yang ditampilkan di layar PC atau tablet Anda. web di pc

Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat

Akhirnya, karena ini adalah versi beta, WhatsApp menetapkan dalam FAQ resminya bahwa beberapa fitur tidak didukung seperti:

  • Lihat lokasi waktu nyata di perangkat pendamping.
  • Sematkan obrolan di WhatsApp Web atau Desktop.
  • Bergabunglah, lihat, dan kirim ulang undangan grup dari WhatsApp Web dan Desktop.
  • Kirim pesan atau telepon seseorang menggunakan WhatsApp versi lama dari salah satu perangkat pendamping Anda.
  • Lakukan panggilan dari perangkat WhatsApp Desktop yang belum bergabung dengan multi-perangkat beta.

WhatsApp menjelaskan bahwa meskipun Anda dapat menghubungkan hingga 4 perangkat pendamping secara bersamaan, Anda hanya dapat menghubungkan satu smartphone ke akun yang sama secara bersamaan.

Yah, itu semua dalam teori. Seperti yang pasti Anda ketahui, adalah mungkin untuk mengatasi sistem dan login di smartphone lain menggunakan WhatsApp Web seperti yang dijelaskan di atas. Anda hanya perlu ingat untuk mengalihkan halaman seluler ke versi desktop agar kode QR dapat ditampilkan di layar ponsel cerdas kedua Anda.

Yah, itu tidak banyak membantu, tetapi tetap bagus untuk mengetahui bahwa itu tetap bisa dilakukan. Anda kemudian akan dapat mengirim dan menerima pesan melalui smartphone sekunder menggunakan WhatsApp Web, seperti yang biasa Anda lakukan dari PC atau tablet. Namun, Anda tidak akan dapat melakukan panggilan suara atau video.

👉 TRENDING  Cara menghasilkan uang dari TikTok

Apakah pesan WhatsApp selalu terenkripsi ujung ke ujung di semua perangkat?

Dalam FAQ Multi-Perangkat resminya , WhatsApp memastikan bahwa “pesan, media, dan panggilan pribadi Anda dienkripsi ujung-ke-ujung.”

Bagaimana itu mungkin? Setiap perangkat pendamping yang terhubung ke akun Anda sekarang akan memiliki kunci identifikasinya sendiri dan dengan demikian akan dapat mengenkripsi dan mendekripsi pesan secara lokal, tanpa harus bergantung pada ponsel cerdas yang terhubung dengan akun tersebut.

Menggunakan WhatsApp dengan beberapa Perangkat

Hal yang sama akan berlaku untuk panggilan suara dan video, yang kemudian dapat bekerja tanpa berkomunikasi dengan smartphone pengguna. WhatsApp akan memastikan bahwa pesan tetap tersinkronisasi antar perangkat, memungkinkan Anda menelusuri riwayat obrolan dari satu perangkat ke perangkat lain, bahkan jika ponsel cerdas tidak lagi berfungsi sebagai titik relai.

Perlindungan lain juga telah disertakan, di mana perlu menggunakan WhatsApp di smartphone setidaknya sekali setiap 14 hari. Kegagalan dalam melakukannya akan menutup sesi aktif pada perangkat yang ditautkan. Hal ini untuk memastikan bahwa akun pengguna selalu memiliki akses ke smartphone utama mereka.

Itu saja untuk tutorial ini yang memberi tahu Anda cara mengaktifkan dan menggunakan fungsi multi-perangkat WhatsApp. Apa pendapat Anda tentang fitur ini? Apakah Anda masih menggunakan WhatsApp dan jika demikian, apakah Anda pernah dapat mencoba fitur multi-perangkat? Beritahu kami semua di komentar.