fbpx
Apa itu Keuangan?
Apa itu Keuangan?

Apa itu Keuangan?

Berikut arti sederhana dari keuangan, menurut Webster’s New World College Dictionary:

Sebagai kata benda, keuangan adalah “sumber daya uang, pendapatan, dll. dari suatu bangsa, organisasi, atau orang.” Atau keuangan dapat merujuk pada “pengelolaan atau ilmu mengelola masalah uang, kredit, dll.” Itu adalah topik yang luas dan definisi singkat — mari kita uraikan.

Keuangan berkaitan dengan uang “suatu bangsa, organisasi, atau orang.” Istilah-istilah tersebut selaras dengan tiga jenis keuangan bernuansa: keuangan publik atau pemerintah, keuangan perusahaan dan keuangan pribadi.

Jenis keuangan

Berikut sedikit lebih banyak tentang setiap jenis keuangan, menurut Corporate Finance Institute , yang menyediakan program sertifikasi analis keuangan online.

Keuangan publik “adalah pengelolaan pendapatan, pengeluaran, dan beban utang suatu negara melalui berbagai lembaga pemerintah dan kuasi-pemerintah,” menurut situs web CFI. Komponen keuangan publik meliputi pemungutan pajak, anggaran pemerintah, dan pengeluaran (seperti program sosial dan infrastruktur).

Keuangan perusahaan berurusan dengan – Anda dapat menebaknya – perusahaan, bukan pemerintah. Secara khusus, keuangan perusahaan berkaitan dengan bagaimana bisnis mendanai diri mereka sendiri dan meningkatkan nilainya, menurut situs web CFI.

Keuangan pribadi menggambarkan bagaimana individu mengelola uang mereka sendiri . Keuangan pribadi adalah proses menghasilkan uang dan menyimpannya, serta membangun kekayaan dan melindungi aset. (Pelajari tentang apa yang dianggap sebagai aset .)

Keuangan pribadi membantu orang mengendalikan hidup mereka. Ambil tabungan , misalnya. Dengan uang yang disisihkan, individu berada dalam kondisi yang lebih baik untuk membayar biaya darurat dan mengambil risiko karir.

Manfaatkan uang Anda sebaik mungkin

Sekarang setelah Anda mengetahui arti sederhana dari keuangan, pertimbangkan uang Anda sendiri dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika tugas itu terdengar berlebihan, mulailah dengan garis dasar. Lacak pengeluaran Anda sehingga Anda memahami berapa banyak yang Anda habiskan untuk apa. Atau pertimbangkan untuk mencoba aplikasi anggaran gratis . Alat semacam ini biasanya terhubung dengan akun keuangan Anda untuk melacak uang masuk dan keluar dan memberikan wawasan.

👉 TRENDING  5 Bisnis Waralaba Untung Besar dengan Modal Kecil di Tahun 2022

Setelah Anda merasa nyaman memeriksa arus kas Anda, mulailah menetapkan tujuan uang . Ini bisa termasuk membuat anggaran , membangun dana darurat , menabung untuk masa pensiun dan melunasi hutang .